Cegah Demam Berdarah, Puskesmas Ngembal Kulon Sosialisasi PSN Pada Masyarakat

kesehatan200 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Kudus – Setiap tahun, kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Kudus cenderung meningkat saat musim penghujan seperti bulan November ini. 

Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan.

Oleh sebab itu Puskesmas Ngembal Kulon bekerjasama dengan Pemerintah Desa Tumpang Krasak,  Mengadakan kegiatan sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk, Jumat 24/11/2017. 

Bertempat Di Dukuh Badongan RT 01 RW III Desa Tumpang Krasak, Puskesmas dan Pemdes Desa setempat memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat. 

Program PSN yaitu, 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Tumpang Krasak Bambang Gunarjo mengapresiasi kegiatan Puskesmas Ngembal Kulon yang tanpa diminta oleh masyarakat sudah dengan sendiri nya mengadakan sosialisasi tentang PSN. 
“Diharapkan kepada masyarakat agar lebih sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya”tegasnya. 
Jangan sampai setelah ada yang terkena penyakit demam berdarah, Baru berramai-ramai membersihkan lingkungan, Ungkapnya.(J02) 

Komentar