Jurnalpantura.id, Kudus – Puluhan anak-anak dari paud dan RA sudah memadati area Taman Dolanan di Kampung Budaya Piji Wetan Kudus. Mereka datang untuk mengikuti lomba mewarnai dengan krayon yang diadakan dalam rangka memeriahkan event Festival Takjil #3, Jum’at 07/04/2023.
Sebanyak 60 anak-anak sudah duduk rapi dan memegang kertas untuk diwarnai dengan pola yang sudah disiapkan panitia. Di sekitar lokasi, tampak ibu-ibu, remaja dan orang dewasa yang mengantar ikut menikmati Pameran Kaligrafi di lokasi yang sama.
Lomba mewarnai ini sengaja diadakan untuk kalangan anak-anak. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan anak pada kreativitas dalam berkarya, sesuai dengan tema Festival Takjil 2023: Exploring Ramadhan.
Koordinator Lomba, Saeful Annas mengatakan serangkaian lomba yang digelar dapat menjadi wadah dalam pengembangan minat dan bakat anak-anak. Tahun ini, kata dia terdapat 3 jenis lomba yang ditambahkan, yakni lomba kaligrafi lukis, lomba kaligrafi mushaf dan lomba mewarnai kaligrafi.
”Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini, kami mencoba untuk mengangkat kesenian kaligrafi di kancah seni rupa khususnya di Muria,” kata Annas.
Lomba kaligrafi lukis dan mushaf disasar untuk siswa-siswi tingkat SMA/SMK. Lomba Adzan dan Tarkhim untuk tingkat SD/MI, sedangkan lomba mewarnai kaligrafi dikhususkan untuk anak-anak tingkat PAUD/RA.
Selain lomba mewarnai, di panggung utama, panitia juga menggelar lomba-lomba yang khas dengan nuansa Ramadhan. Terdapat lomba tarkhim, lomba adzan dan iqomah. Usai mengikuti serangkaian lomba, para pengunjung dapat menikmati sajian pertunjukan seni dan dongeng islami.
Dongeng islami dari sub divisi Seni Tutur Tsummakala KBPW dengan cerita yang mengisahkan Nuzulul Qur’an di Bulan Ramadhan. Erika Cipleng, selaku pendongeng menyampaikan bahwa cerita tersebut sangat pas karena bertepatan dengan momentum bulan Ramadhan.
”Jadi Festival Takjil ini, anak-anak dan para pengunjung tak hanya menikmati hiburan, tetapi ada nilai-nilai, pesan dakwah dan khazanah yang bisa dibawa pulang dari sini,” ungkapnya. (J02/A01)