Sebulan Simulasi di Pasar Hewan, Djatmiko: Tidak Cocok untuk Pedagang Sayur

Pasar145 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Pedagang sayur malam hari di Pasar Bitingan tidak jadi pindah ke Pasar Hewan yang berlokasi di Jalan Lingkar turut Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Pada pedagang yang berjualan di emperan jalan tersebut rencananya akan direlokasi ke Pasar Burung, yang berada di Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Djatmiko, saat ditemui di Pasar Burung yang sekaligus Pasar Babe Kudus tersebut, Rabu (25/1/2023).

Pihaknya menyebut, lokasi Pasar Hewan dirasa tidak cocok untuk berjualan oleh para pedagang sayur. Hal ini diputuskan setelah dilakukan simulasi di lokasi tersebut selama satu bulan.

“Sebulan terakhir kemarin sudah mencoba simulasi Pasar Hewan, tapi ternyata tidak cocok untuk pedagang sayur,” ujarnya.

Ada beberapa alasan yang membuat Pasar Hewan tidak cocok untuk menjual sayur. Di antaranya, karena sebelum digunakan berjualan sayur, kotoran hewan harus dibersihkan terlebih dahulu.

“Jadi, ini cukup memakan waktu dan tenaga yang banyak,” tutur Djatmiko, yang juga menjabat sebagai Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Kudus ini.

Selain itu, akses yang terlalu jauh membuat pedagang maupun pembeli dikhawatirkan malas untuk berbelanja. Oleh sebab itu, pasar sayur ke Pasar Hewan pun dibatalkan.

Djatmiko menyebut, para pedagang sayur malam hari akan dipindahkan di Pasar Burung Kudus. Rencana ini pun telah disosialisasikannya kepada para pedagang yang akan direlokasi maupun pedagang di Pasar Burung.

“Komunikasi dengan pedagang sayur dan pedagang sini (Pasar Burung) sudah. Tadi waktu ngobrol dengan pedagang sini, mereka menerima-menerima saja. Biar tambah ramai (pengunjung) katanya,” terangnya.

Rencananya, relokasi pedagang sayur ini akan dimulai awal bulan Februari 2023 mendatang. Dengan total 38 pedagang yang akan mulai menjual sayur-sayuran di lokasi baru.

Namun, rencana relokasi pasar sayur ke Pasar Burung ini belum final. Pihaknya akan tetap melakukan evaluasi setelah relokasi di Pasar Burung nanti. Apabila tidak cocok kembali maka akan dibahas ulang agar saling menguntungkan satu sama lain. (J05/A01)

Komentar