Tak Jadi di Pasar Hewan, Rencana Relokasi Pedagang Sayur di Kudus Pindah ke Pasar Burung

Pasar177 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Pedagang sayur malam hari di Pasar Bitingan akan pindah dan segera menempati tempat berdagang baru di Pasar Burung, yang berada di Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Sebelumnya dikabarkan bahwa pedagang sayur akan direlokasi ke Pasar Hewan yang berada di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Namun, setelah dilakukan selama satu bulan, para pedagang menolak pindah di sana dan usul pindah ke Pasar Burung.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Djatmiko Muwardi menyebut, sosialisasi terkait rencana relokasi ke Pasar Burung sudah dilakukan. Pihaknya pun mengungkapkan bahwa keputusan pindah ke Pasar Burung merupakan usulan dari para pedagang sayur sendiri.

“Komunikasi dengan pedagang sayur dan pedagang sini sudah. Tadi waktu ngobrol dengan pedagang sini, mereka menerima-menerima saja. Biar tambah ramai katanya,” kata Djatmiko, yang juga menjabat sebagaiAsisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Kudus, Rabu (25/1/2023).

Rencananya, para pedagang sayur akan mulai menempati lokasi Pasar Burung pada awal bulan Februari 2023 mendatang. Ada sekitar 38 pedagang yang akan beroperasi di pasar tersebut secara aktif setelah dilakukan sosialisasi.

Djatmiko juga mengungkapkan, mayoritas pedagang yang akan dilakukan relokasi merupakan pendatang dari luar kota. Mereka berjualan di emperan jalan area Pasar Bitingan dan membuat lalu lintas menjadi semrawut.

“Jadi nanti tidak ada lagi yang berjualan di pinggir jalan lagi. Kita batasi, boleh berjualan di area Pasar Bitingan tapi hanya di dalamnya, di area pasar. Tidak sampai ke jalan lagi,” tegasnya.

Djatmiko memastikan, Jika nanti mereka dipindah ke Pasar Burung, dipastikan tidak ada lagi truk atau kendaraan besar lainnya yang parkir seenaknya di jalanan. Mereka akan masuk ke area Pasar Burung dan menjual dagangannya dengan baik di lokasi baru serta tidak menggangu pengguna jalan lain.

Namun, rencana relokasi pedagang sayur malam Pasar Bitingan ke Pasar Burung ini belum final. Pihaknya berencana akan memindahkan pedagang pasar sayur ke Pasar Baru nantinya. (J05/A01)

Komentar