oleh

Antisipasi Kebakaran Hutan, Polres Jepara Gelar Rakor Bersama Kesatuan Pemangku Hutan

Jurnalpantura.id, Jepara – Mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang biasa terjadi saat musim kemarau, Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan dan Pengendalian Karhutla di gelar Polres Jepara di Aula Endra Dharmalaksana Polres Jepara. Rabu 26/08/2020.

Selain Rakor dilaksanakan juga penandatanganan keputusan bersama polres Jepara dengan Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) tentang pengamanan hutan dan penegakan hukum diwilayah kerja perum perhutani tingkat kesatuan pemangkuan hutan (PKH).

Rakor sendiri dihadiri oleh Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto, Dandim 0719 Jepara Letkol Arm Suharyanto, Sekda Kab Jepara Edy Sujatmiko, Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Dadang Ishardianto, Wakapolres Jepara Kompol I Putu Bagus Krisna, serta jajaran Polhut dan para Kapolsek di Polres Jepara.

Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto menyampaikan, Karhutla saat ini menjadi perhatian serius dari Presiden RI Ir Joko Widodo, Kapolri maupun Panglima TNI.

“Rakor hari ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait dengan penanganan kebakaran hutan,” Kata Kapolres Jepara.

Apabila kebakaran hutan dan lahan tidak dapat di meminimalisir/di cegah maka pimpinan wilayah akan di evaluasi oleh pimpinan atas.

AKBP Nugroho Tri Nuryanto berharap, setelah Rakor sesegera dilakukan implementasikan dan action dilapangan.

Dandim 0719 Jepara Letkol Arm Suharyanto, menyampaikan, “Selama ini telah terjalin kerjasama yang baik antara Kodim 0719 Jepara, Polres Jepara dan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH)”.

Kami dari jajaran Kodim 0719 Jepara siap untuk bekerjasama dalam menjaga keamanan dan kelestarian hutan di Jepara.

Sedangkan Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Bahwa yang patut kita perhatikan yaitu perihal pencegahan dan antisipasi semoga kejadian kebakaran hutan tidak terjadi di wilayah Jepara.

Kita harus bersyukur karena hutan di wilayah Jepara tidak begitu luas namun kita tetap waspada, yg harus kita laksanakan yaitu patroli untuk antisipasi kebakaran.

”Berikan sosialisasi edukasi kepada masyarakat perihal pencegahan, bahaya dan penanganan kebakaran hutan di Wilayah Kab Jepara, hindari kegiatan yang dapat menimbulkan kebakaran,” Ujarnya.

Sementara itu Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Dadang Ishardianto, Sesuai arahan yang diberikan agar dijalin kerjasama dengan baik antara Polres, Kodim, PKH maupun dengan masyarakat setempat.

“Berikan edukasi kepada masyarakat yang ada di daerah hutan di lereng gunung muria, karena di wilayah tersebut berpotensi terjadi kebakaran,” Katanya.

Dengan luasan kawasan hutan di Jepara berdasarkan data badan pusat statistik Provinsi Jawa Tengah yaitu luas hutan negara dengan luas 16.881,54 Ha dan luas hutan rakyat seluas 17.945,54 Ha.

“Dibutuhkan kerjasama untuk selalu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar wilayah hutan,” Ujarnya. (J02/A01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed