oleh

Angkut Rokok Ilegal, Minibus Diamankan Bea Cukai Kudus

Jurnalpantura.id, Kudus – Bea Cukai Kudus berhasil melakukan penindakan terhadap sebuah mobil minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal.

Sebanyak 335.800 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM) berhasil diamankan oleh tim di Desa Golantepus, Mejobo, Kudus. Jum’at 16/09/2022.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) KPPBC Tipe Madya Kabupaten Kudus, Dwi Prasetyo‎ Rini‎, menyampaikan sebelumnya pada pukul 07.00 tim memperoleh informasi, adanya mobil minibus yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal.

“Berdasarkan informasi tersebut, tim melakukan pencarian di Jalan Raya Pati – Kudus,” Kata Dwi Prasetya Rini.

Sektiar pukul 08.15, tim menemukan mobil minibus sesuai dengan yang diinformasikan sedang melaju di Jalan Raya Pati – Kudus.

Tim berusaha membuntuti mobil minibus tersebut agar dapat menghentikan dan melakukan pemeriksaan.

335.800 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM) berhasil diamankan (Foto:Istimewa)

Pada pukul 08.30, mobil minibus tersebut berhenti di salah satu minimarket di Desa Golantpus, Mejobo, Kudus, sehingga petugas segera melakukan pemeriksaan di lokasi pemberhentian.

“Ternyata benar, saat dilakukan pemeriksaan ditemukan 132 bale dan 259 slop rokok dengan merk JUST Mild, NEW BOSHE, dan NEW BOSHE MILD tanpa dilekati pita cukai,” Ujarnya.

Perkiraan nilai barang rokok ilegal sebesar Rp382.812.000,00 dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp259.526.388,00.

Seluruh rokok ilegal, mobil minibus, sopir (NN), dan kernet (DM) dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (J02/A01)

Komentar