Petugas Protokoler Harus Paham Acara, Kata Subbag Protokoler Senior Pemprov Jawa Tengah

Event, Pemerintahan331 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Dalam rangka menciptakan protokoler yang handal dan profesional, Pemkab Kabupaten Kudus melalui Biro Humas Setda Kabupaten Kudus menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan Bagi Protokol Mandiri OPD.

Karena Penerapan protokoler yang tidak baik, bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam acara atau kegiatan pemerintahan, ungkap Wahyu Haryanti Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan dan SDM. Pesan tersebut disampaikan saat membuka Pelatihan Bimtek keprotokolan di lingkungan Pemkab Kudus yang digelar di Aula Setda Lt 4, Rabu 07/11/2018.

Sebab itu, dia berharap dengan pelatihan seperti ini, pelaksanaan acara pemerintah bisa sesuai prosedur.
Diingatkan dia, Pemkab Kudus juga banyak memiliki acara resmi pemerintahan. Protokoler standar global, diharapkan dia, harus diketahui setiap SKPD. “Setiap SKPD hendaknya bekerjasama dengan Humas dan Protokoler Setda Kapuas Hulu,” pesan dia.

Wahyu Binarti Staf Ahli Bupati serahkan kalung identitas peserta Bintek kepada salah satu peserta (Foto : Aik)

Sementara untuk pemandu acara dengan menggunakan bahasa baku pemerintahan, sehingga tidak boleh sembarangan. Dia mengharapkan perserta yang ikut pelatihan menjadi sistem pendukung dalam mempersiapkan acara resmi di SKPD. Sehingga, harapan dia, penyelenggaraannya akan berlangsung baik dan hikmat.

Materi dalam pelatihan tersebut dipastikan disesuaikan dengan mekanisme kebutuhan protokoler pemeritah. “Narasumber dalam pelatihan kami datangkan dari Biro Humas Protokol Pemprov Jateng,” jelasnya.

“Maka seorang protokol harus tahu dan memahami isinya dengan baik terkait kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat,” kata Wahyu Haryanti.

Wahyu berharap dengan adanya Bimtek Keprotokolan ini dapat menciptakan protokoler yang handal dan profesional dalam melaksanakan tupoksinya, serta dapat menempatkan diri sesuai dengan norma dan kebiasaan yang berlaku di tengah masyarakat.

Protokoler Senior Setda Jateng Diah Binarti menjadi narasumber pada Bintek Protokoler Bagi Protokol Mandiri OPD yang digelar Biro Umum Setda Kudus (Foto : Aik)

Bimtek Keprotokolan ini dihadiri oleh 76 peserta yang terdiri dari perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemkab, perwakilan Kecamatan dan perwakilan dari dinas instansi vertikal.

Pada Bintek protokoler yang diselenggarakan Biro Umum Setda Kabupaten Kudus ini dihadirkan narasumber dari Pemprov Jawa Tengah yaitu Diah Binarti yang merupakan protokol senior Subbag protokoler bagian humas dan protokol biro umum Setda Jateng.

Menurut Diah Binarti, Seorang protokol harus mampu menjadi manajer yang dapat mengatur jalannya kegiatan dengan baik dan memberikan pelayanan prima. Peran seorang protokol di dalam kegiatan pemerintahan sangatlah penting untuk memperlancar jalannya suatu kegiatan.

“Protokoler harus mempunyai prinsip kerja yang mencerminkan seorang protokol yang profesional. Selain itu, seorang protokol juga harus mempunyai kecakapan seperti, tanggap, responsif, antisipatif, inovatif,” ujarnya. (J02/A01)

Komentar