KKN IKMB 014 Gelar Penyuluhan Narkoba bersama Pihak Sat Resnarkoba Polres dan Polsek Banjarejo

mahasiswa131 Dilihat

Jurnalpantura.id, Blora – Mahasiswa KKN IKMB Kelompok 014 Desa Plosorejo kecamatan Banjarejo bersama pihak SAT RESNARKOBA POLRES BLORA bekerjasama dengan POLSEK Banjarejo mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba di MTs Hasanuddin Blora.

Tujuan penyuluhan ini untuk meningkatkan kesadaran remaja tentang bahaya narkoba dan mencegah mereka terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Penyuluhan diadakan di MTs Hasanuddin pada hari Kamis, 14 September 2023. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 180 siswa dan beberapa guru serta di hadiri oleh Kepala Desa Plosorejo.

Penyuluhan dimulai dengan pembukaan oleh kepala sekolah MTs Hasanuddin lalu dilanjutkan oleh pihak POLSEK Banjarejo serta Pihak SAT RESNARKOBA POLRES BLORA.

Foto bersama, KKN IKMB 014 usai kegiatan Penyuluhan Narkoba bersama Pihak Sat Resnarkoba Polres dan Polsek Banjarejo. (Foto:Istimewa)

Wakil Kepala SAT RESNARKOBA POLRES BLORA Inspektur polisi Budhi Santoso menyebut, “ Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja makin meningkat, Hasil dari penelitian kita Jumlah kasus narkoba di kabupaten Blora pada tahun 2021 terdapat 15 kasus, tahun 2022  terdapat 17 kasus, tahun 2023- sekarang  terdapat 11 kasus (15 tersangka)’’ .

Selanjutnya, petugas dari SAT RESNARKOBA POLRES BLORA memberikan presentasi tentang jenis-jenis narkoba yang sering disalahgunakan, cara kerja narkoba di dalam tubuh, serta dampak negatif yang ditimbulkan bagi kesehatan fisik dan mental. Mereka juga menyoroti pelecehan narkoba terhadap kehidupan sosial dan hubungan keluarga.

Selain itu, Kepala Desa Plosorejo, Bapak Ahmad Muslih juga ikut berbicara tentang peran penting sekolah dalam memberikan pendidikan tentang bahaya narkoba kepada siswa. Mereka menekankan pentingnya peran guru sebagai panutan dan pengajar dalam memberikan informasi yang benar dan akurat tentang narkoba.

Pada akhir acara, ada sesi tanya jawab yang diikuti oleh beberapa siswa. Mereka aktif bertanya tentang cara meghindari narkoba, tentang cara rehabilitasi pengguna narkoba serta langkah-langkah yang dapat diambil jika melihat teman terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, dan sumber informasi yang dapat dipercaya tentang narkoba.

Wakil Ketua SATNARKOBA Kota Blora, Bapak Budhi mengatakan, “Jangan mencoba-coba menggunakan narkoba karena efek kecanduan yang sangat berbahaya. Selain itu, hindari bergaul dengan orang atau lingkungan yang menggunakan narkoba, Penyuluhan ini sangat penting karena narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi muda kita. Dengan memberikan pemahaman yang tepat tentang bahaya narkoba, kami berharap dapat mencegah remaja terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan melindungi masa depan mereka.”

“SAT RESNARKOBA POLRES BLORA mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kelompok KKN IKMB IAIN Kudus 014 yang telah sukses melaksanakan kegiatan penyuluhan anti narkoba. Melalui kegiatan ini, kami sebagai bagian dari Satnarkoba sangat mengapresiasi komitmen dan dedikasi yang ditunjukkan oleh para anggota kelompok KKN dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah, keberadaan kelompok KKN yang telah menjadikan penyuluhan anti narkoba sebagai salah satu agenda utama kegiatannya merupakan langkah yang sangat penting dalam memberantas dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba. Kami sangat mengapresiasi pendekatan yang telah dilakukan oleh kelompok KKN dan kami siap diundang lagi untuk berpartisipasi dalam pembentukan generasi muda tanpa narkoba atau penyuluhan selanjutnya. Mari bersama-sama kita memerangi dan mencegah penyalahgunaan narkoba demi masa depan yang lebih baik bagi generasi muda kita. Terima kasih atas kerjasama dan kontribusi yang telah diberikan!”

Penyuluhan ini merupakan langkah awal yang diambil oleh KKN IKMB IAIN Kudus bersama SATNARKOBA POLRES serta POLSEK Blora untuk mengatasi masalah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Pihak berwenang berharap bahwa dengan meningkatnya kesadaran dan pengetahuan tentang bahaya narkoba, para siswa akan mampu membuat keputusan yang bijak dan memilih hidup sehat tanpa narkoba. (J05/A01)

Komentar