Edukasi Pencegahan Stunting Sejak Dini dengan Kelas Ibu Hamil

mahasiswa161 Dilihat

Jurnalpantura.id, Blora – Tim KKN IKMB IAIN Kudus beserta Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL)  ikut ambil bagian pada edukasi pencegahan stunting sejak dini dengan kelas ibu hamil pada sabtu 16 september 2023 di Desa Sembongin, Banjarejo, Blora.

Kegiatan Kelas Ibu Hamil merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas ibu hamil utamanya di bidang kesehatan, yang dilaksanakan untuk memberikan pengarahan kepada ibu hamil sebelum melahirkan.

Selain itu, Tim Pemdes memberikan penyuluhan mengenai stunting. Kegiatan ini merupakan program kerja kolaborasi dari mahasiswa KKN IKMB IAIN KUDUS, yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengetahuan dalam mencegah dan menanggulangi terjadinya stunting.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Achmad Ali Fikri selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN IKMB Kelompok 15 yang menyampaikan tentang cara pencegahan stunting.

Cegah stunting sejak dini dengan cara memberikan makanan yang bernutrisi kepada calon anak. Memberikan makanan yg banyak mengandung nutrien dan bergizi pada calon bayi sejak dalam kandungan,  dan perlu diketahui bergizi tidak harus mahal, krn sebenarnya banyak makanan bergizi di lingkungan sekitar ibu hamil baik yg nabati maupun hewani. Ucap Fikri dalam penyampaiannya.

Respon saya yang pertama apresiasi buat PEMDES desa Sembongin yang sudah menganggarkan Kelas Ibu Hamil dan PMT Bumila dalam rangka mencegah stunting. Kedepannya semoga bumil-bumil di Desa Sembongin selalu sehat, dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan bebas stunting. Harapan Bu Lurah Desa Sembongin.

Semoga kegiatan Kelas Ibu Hamil bermanfaat terutama bagi ibu hamil bermanfaat terutama bagi ibu hamil baru yang belum ada pengalaman bisa langsung ketemu bidan. Harapannya semoga Kelas Ibu Hamil selanjutnya berjalan dengan lancar. Ucap Mukasanah salah satu ibu hamil. (J05/A01)

Komentar