Menu

Mode Gelap
Belasan Seniman Lukis Ikuti Mural Festival Pijar Park Barber On The Street, Cara Unik Pemuda Kudus Bantu Sesama Warga Pedurungan Utara Terima Bedah Rumah dari Kompol Eko Rubiyanto Kompol Eko Rubiyanto Gelar Baksos di Panti Cacat Ganda Bobol Tembok Alfamart, Rokok dan Susu Formula Digasak Maling

Politik · 18 Des 2017 17:17 WIB ·

Rakor KPU Hadirkan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Serta Perwakilan Parpol


 Rakor KPU Hadirkan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Serta Perwakilan Parpol Perbesar

Jurnalpantura.Com, Kudus – Tidak hanya pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati kudus dalam Pilkada Serentak 27 Juni 2018 nanti tapi juga perwakilan dari beberapa Partai Politik ikut  hadir dalam Rapat koordinasi Pemilihan Bupati tahun 2018 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus di Hotel Gripta Jl.AKBP.R.Agil Kusumadya Kecamatan Jati 

Pada Rakor  tersebut, hadir pula perwakilan dari Pengadilan Negeri Kudus, Polres Kudus, Kantor Kementerian Agama Kudus, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus, dan Kesbangpol Kudus. 

Ketua KPU Kudus Moh. Khanafi menyatakan persyaratan untuk menjadi peserta pilkada tercatat relatif cukup banyak, selain harus mengantongi surat keterangan tidak menanggung utang dan tidak sedang pailit, juga terdapat persyaratan lainnya.

“Di antaranya bagi anggota DPRD, TNI, Polri, kepala desa, PNS, hingga di BUMD, BUMN sejak ditetapkan sebagai calon harus mengundurkan Diri ” ungkap M Khanafi di hadapan Bakal calon Bupati dan wakil Bupati serta perwakilan Parpol dan Instansi terkait,Senin 18/12/2017. 

Ada persyaratan usia paling rendah 30 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum.

Bagi mantan terpidana yang telah selesai menjalani masa pemidanaan, wajib memenuhi syarat mengemukakan kepada publik. 

Lebih la juta ketua KPU menjelaskan, Selain itu calon yang akan maju juga tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan pengadilan, dan masih banyak syarat lainnya. 

Untuk syarat pencalonan dari jalur politik, memperoleh paling sedikit 20 persen dari kursi DPRD Kabupaten Kudus atau minimal sembilan kursi atau memperoleh suara sah 25 persen dari akumulasi perolehan suara 2014 atau sebanyak 115.792 suara.

Bagi calon perseorangan harus mampu mendapatkan dukungan minimal 45.323 dukungan dengan sebaran lima kecamatan dari sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus.(J02) 

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Usai Pertemuan Prabowo-Cak Imin, DPC PKB dan DPC Gerindra Kudus Gelar Silaturahmi

22 Juni 2022 - 23:13 WIB

Terbukti Bawa Kemajuan, Emak-emak di Jateng Dukung Ganjar Jadi Presiden

21 Juni 2022 - 22:58 WIB

Enam Kali Mbolos Rapat di DPRD, Empat Anggota Fraksi Gerindra Kudus Dilaporkan ke BK

21 Juni 2022 - 22:40 WIB

Generasi Milenial Menjadi Penentu Kehidupan Politik yang Beradab

15 April 2022 - 04:28 WIB

Rolling Komisi DPRD Kudus Rampung

11 April 2022 - 07:16 WIB

Dikeroyok Pendukung Kades Lain, Suami Anggota DPRD Kudus Laporkan Pengroyok ke Polisi

30 Maret 2022 - 18:04 WIB

Trending di Kriminalitas