Puncak Perayaan HUT RI Akan Diisi Marching Band Akmil

unik134 Dilihat

JURNALPANTURA.COM,Rembang – Semarak HUT Kemerdekaan RI telah menggema pada sebagian besar warga di Indonesia, begitu pula dengan Kabupaten Rembang, meskipun puncak perayaan HUT ke-72 RI masih dua pekan lebih, Pemkab Rembang sudah menyiapkan rangkaian kegiatannya. Pemkab akan mengusung tema yang memadukan unsur kebangsaan dan budaya. Dalam puncak perayaan nanti, rencananya juga akan dimeriahkan oleh marching band dari Akmil atau AAL.

Sekretaris Dareah (Sekda) Kabupaten Rembang Subakti menjelaskan, gebyar dalam HUT ke-72 RI nanti tidak hanya pada puncaknya di tanggal 17 Agustus 2017. Namun, ada rangkaian kegiatan yang secara digelar secara maraton.

Mulai dari hal simpel seperti pemasangan bendera di semua instansi pemerintah. Dia meminta semua instansi pemerintah memasang bendera merah putih selama satu bulan penuh, mulai tanggal 1-31 Agustus 2017.


Sedangkan rangkaian kegiatan lainnya akan dimulai sejak sekitar sepekan sebelum puncak perayaan. Terutama untuk kegiatan lomba tertentu yang memungkinkan digelar terlebih dahulu.
”Kami berharap tanggal 7 sudah mulai ada gerakan lomba. Misalnya, gerak jalan TK-SD. Sehingga, semaraknya berjalan terus,” ungkapnya.


Subakti mengungkapkan, tema yang akan diusung oleh Pemkab Rembang dalam HUT ke-72 RI tahun ini menggabungkan dua hal. Yakni, unsur kebangsaan dan unsur budaya. Parade kebangsaan akan digelar tanpa meninggalkan unsur budaya. Seperti, pada perayaan HUT ke-276 Kabupaten Rembang pada 27 Juli 2017.


Oleh karenanya, sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam kirab nantinya diharapkan memperhatikan dua unsur tersebut. Misalnya, mengusung tema kolosal untuk ditampilkan saat kirab.
Dalam puncak perayaan nanti, pemkab akan mengundang marching band seperti yang ditampilkan pada HUT ke-276 Kabupaten Rembang. 


ubakti mengungkapkan ada dua pilihan untuk marching band yang akan diundang. Yakni, antara Akademi Militer (Akmil) atau Akademi Angkatan Laut (AAL).

”Tentu parade kebangsaan itu terdapat unsur kebudayaan di dalamnya. Drumb band tetap kita adakan. Pilihannya antara Akmil atau AAL,” pungkasnya.(J01/ER02)

Komentar