Musim Kemarau Pembangunan di Demak DIkebut

infrastruktur241 Dilihat

JURNALPANTURA.COM,Demak- Musim kemarau dimanfaatkan untuk memaksimalkan pekerjaan Pengendalian Banjir Sistem Sungai Jragung, Kabupaten Demak. Ditargetkan, proyek ini dapat selesai akhir tahun.

Ada tiga pekerjaan utama yakni normalisasi sungai, perkuatan tebing sungai hingga perbaikan jembatan di sungai yang membentang sejauh 75 kilometer meliputi Jragung, Cabean, hingga Wonokerto. Proyek ini ditargetkan mampu mengendalikan banjir yang sering melanda Demak dan Grobogan.

Pelaksana Pekerjaan Pengendalian Banjir Sistem Sungai Jragung Paket 1, Novi Arifianto menuturkan bahwa musim kemarau seperti ini memang waktu yang pas untuk melaksanakan pekerjaan.

“Kalau hujan dan debit air naik seperti bulan Januari lalu, kami memang berhenti, karena pekerjaan tidak bisa dilaksanakan secara maksimal,” ujarnya, Kamis (20/7/2017).

Saat ini ada kurang lebih 3600 lembar CCSP (dinding penahan tanah) yang akan dipasang di paket 1.
“Paket satu mencakup sungai dengan panjang 12 kilometer, saat ini kurang lebih sudah 1050 lembar yang sudah terpasang,” lanjutnya.

Kendati demikian, pemasangan dinding sungai hanya dilakukan di titik yang rawan longsor dan tikungan sungai.

“Memang pemasangan dinding sungai harus sesuai dengan kriteria,” papar dia.

Proyek ini, imbuh dia, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya. Diharapkan, setelah ini tidak ada banjir saat musim hujan. “Pekerjaan kami kebut supaya selesai tahun ini,” tandasnya. (J02/ER02)

Komentar