Kepolisian Resor Kudus Adakan Test Psikologi Bagi Anggota kepolisian Sebagai Syarat Pegang Senjata Api

Kepolisian1729 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Kudus – Kepolisian Resor Kudus mengadakan tes  psikologi bagi anggota kepolisian yang di Adakan di Lapangan Tenis PG Rendeng.Test Psikologi ini menguji kondisi kejiwaan serta kecerdasan emosi para anggota kepolisian di Polres Kudus, Sebagai syarat kebaikan untuk memegang senjata api.
Para peserta tampak serius membaca soal dan mengisi lembar jawaban yang telah disediakan panitia.

Tes psikologi tersebut dilaksanakan di Lapangan Tenis PG Rendeng, Kamis 19/10/2017.
Test bagi anggota kepolisian ini bekerja sama dengan Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jawa Tengah dibawah pimpinan AKP Ahmad Dartono, M.Psi.

Adapun anggota yang menjalani tes ini sebanyak 366, Selain personel Polres, juga diikuti dari Polsek Jajaran Polres Kudus. Sedangkan untuk kepangkatan mulai dari Bintara maupun Perwira semua mengikutinya.

Kabag Sumda Polres Kudus Kompol MK Budiono mengatakan bahwa Polres Kudus bersama Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jawa Tengah melaksanakan tes psikologi bagi para pemegang senjata api pendek maupun panjang untuk mengetahui layak atau tidaknya anggota memakai dan menggunakan senjata api dinas.

Dikatakan Budiono, tidak semua anggota kepolisian dibolehkan memegang senjata api. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi anggota kepolisian, termasuk mengikuti psikotes.

Sementara ditempat terpisah Waka Polres Kudus Kompol M Ridwan Sik,Msi mengatakan dilaksanakan Tes Psikologi ini guna mengetahui karakter masing-masing Personel sebagai calon pemegang Senpi yang diberikan guna mendukung dan menunjang pelaksanaan dinas di lapangan.

“Tes psikologi ini dilaksanakan agar Peserta tes diikuti sesuai dengan prosedur, untuk yang lulus tes ataupun Pemeriksaan Psikologi, bagi Calon Pemegang Senjata Api (Senpi) Organik Polri akan mendapatkan surat rekomendasi Pinjam Pakai Senjata Api (Senpi) dan setelahnya diharapkan untuk tidak menyalahgunakan Senpi,” ujarnya.(J02)

Komentar