Folktarium KBPW Ajak Anak-anak Asik Belajar Permainan Tradisional dan Budaya Muria

Budaya112 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) Kudus mengahdirkan program wisata edukasi berkonsep Folktarium Muria. Program ini ditujukan untuk mengenalkan kepada anak-anak dan generasi muda terkait nilai-nilai kebudayaan yang ada di Kawasan Muria.

Folktarium Muria KBPW ini pun telah mendapat kunjungan dari MI Khurriyatul Fikri yang berada di Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus pada Selasa (5/12/2023) kemarin. Ada 197 siswa-siswi kelas 1 dan dua MI yang ikut dalam agenda outhing class pada kali ini.

Mereka belajar aneka permainan tradisional, mengenal ritus peninggalan di KBPW dan mengenal nilai-nilai lokal peninggalan Sunan Muria. Serta, mendengarkan cerita dongeng berbasis folklor setempat dan belajar kuliner tradisional dengan transaksi jual beli memakai uang koin dari kayu.

Para siswa tengah asik bermain Permainan Tradisional dan Budaya Muria di Folktarium KBPW Kudus. (Foto:Istimewa)

“Hari ini kami beserta rombongan anak-anak melaksanakan outing class di KBPW, mengenalkan permainan tradisional dan belajar budaya di jaman dulu,” kata Salah satu perwakilan wali kelas MI Khurriyatul Fikri, Sri Mulyati, Selasa (5/12/2023).

Pihaknya berharap dengan adanya kunjungan ini, dapat lebih mengenalkan kepada anak-anak tentang budaya di Muria, peninggalan leluhur hingga permainan tradisional sehingga tidak punah.

Komentar