Disnaker Kudus Segera Laporkan PR Kembang Surya ke Pengawas Ketenagakerjaan Jateng

Buruh949 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Buruh Pabrik Rokok (PR) Kembang Surya melakukan aksi demo di depan pabrik setempat yang berada di Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus pada Jumat (27/5/2024) pagi tadi.

Demo yang dilakukan atas dasar perlakukan perusahaan kepada karyawannya yang dinilai semena-mena. Diantaranya, tidak mengajukan buruh pendataan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Cukai Tahun 2024 kepada Disnakerperinkop dan UKM Kabupaten Kudus.

Kepala Disnakerperinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi Ahmawati membenarkan hal tersebut. Bahwasannya, PR Kembang Surya tidak pernah mengusulkan buruh atau karyawannya dalam pengajuan penerima BLT Cukai.

“Sudah kita cek dan ingatkan berkali-kali tapi tidak ada respon,” katanya, saat ditemui usai berkomunikasi dengan buruh PR Kembang Surya yang tengah melakukan aksi demo, Jumat (17/5/2024).

Padahal, lanjut Rini, penerima BLT Cukai Tahun 2024 ditentutakan berdasarkan pengusulan dari maisng-masing perusahaan rokok ke Disnaker Kudus. Untuk kemudian, dikirimkan ke Dinas Sosial (Dinsos) agar bisa diproses lebih lanjut.

“Surat per November sudah kita kirim (terkiat pengajuan data buruh) sampai akhir Desember, sampai 4 januari masih kita ingatkan, meskipun melebihi waktu tapi kami ada toleransi, tapi tetap tidak mengusulkan. Maka dipastikan tidak mendapatkan BLT Cukai tahun 2024 karena tidak mengusulkan,” tandasnya.

Permasalahan lain juga ditemukan, yang mana secara garis beras terkait dengan hak-hak pekerja yang belum dipenuhi.

Merespon hal tersebut, Rini pun akan segera memanggil pemilik PR Kembang Surya sekaligus tenaga admin. Kemudian, Disnaker Kudus juga akan berkoordinasi dengan pengawasa ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah, untuk sama-sama menyelesaikan permasalahan di PR Kembang Surya.

“Kalau dari kami hanya bisa melakukan pembinaan, untuk terkait sanksi itu kewenangan dari Pengawas Ketenagakerjaan Jateng,” tukasnya. (J05/A01)

Komentar