Cuaca Ekstrem di Pantura Jateng Dampak Bencana Hidrometeorologi

Uncategorized146 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Sejumlah wilayah Kabupaten/Kota di Pantai Utara (Pantura) Jawa bagian tengah terdampak bencana hidrometeorologi basah akibat cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem yang ditandai dengan intensitas curah hujan tinggi disertai petir dan angforolimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak kemarin, Rabu (13/3).

Demikian dikatakan Abdul Muhari, Ph.D. Kepala Pusat Data, Informasi dncanaan BNPB dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnalpantura.id

Konsentrasi awan yang memicu cuaca ekstrem ini ditandai dengan adanya warna merah-oranye pada peta satelit di sepanjang garis pantai mCuaca Ekstrem Melanda, Sejumlah Wilayah Pantura Jawa Tengah Terdampak Bencana Hidrometeorologiulai dari Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kota Semarang Seabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Demak, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati dan Grobogan.

Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga Jumat (15/3), sejumlah wilayah Kabupaten/Kota telah melaporkan kejadian bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang, angin kencang dan tanah longsor. (J06/A01)

Komentar