oleh

TMMD Sengkuyung I , Melestarikan Budaya Gotong Royong

Jurnalpantura.id, Demak – Kemanunggalan TNI-Rakyat yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara, guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara yang bersifat semesta, sebagai ciri khas Negara Indonesia yang mengedepankan keterpaduan antara TNI dan rakyat.

Selain sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu akselerasi program pembangunan di wilayah-wilayah yang sulit terjangkau, juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila, yaitu gotong royong.

Hal tersebut disampaikan oleh Plh Bupati Demak Drs Joko Sutanto usai penandatanganan naskah TMMD Sengkuyung I Kodim 0716/Demak yang berlangsung di Gedung Grhadika Bina Praja Setda Kabupaten Demak.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh M.Ufiz menambahkan, melalui pelestarian budaya gotong royong dan kemanunggalan dalam program TMMD, diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi kehidupan ekonomi rakyat.

“Kontribusi warga yang ikut berjibaku bersama Prajurit TNI dalam merampungkan pembangunan sarana infrastruktur pedesaan, telah menjadi spirit baru untuk terus melestarikan semangat gotong royong guna diwariskan kepada generasi berikutnya,” Ujarnya.

Dandim Juga Menambahkan, keikutsertaan warga dalam program TMMD, tentunya memberi nilai tambah bagi TNI dalam upaya membantu pemerintah mempercepat pemerataan pembangunan di daerah.

Karena hal tersebut, Dandim berharap agar kebersamaan dan kedekatan Prajurit TNI dengan warga di lokasi TMMD bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan lagi di masa depan.

Dalam kegiatan dalam TMMD Sengkuyung ini, ada dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik berupa betonisasi jalan sepanjang 488 meter, lebar 3 meter dan ketebalan 0,15 meter.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan deradikalisasi teroris, penyukuhan bintal kerukunan antar umat beragama, penyuluhan bela Negara, penyuluhan wasbang, pertanian, peterrnakan, perikanan, kamtibmas, KB Kes, dan pengetahuan HIV/Aids/Covid-19.Ungkap Dandim. (J02/A01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed