oleh

Hujan Disertai Angin Kencang, Belasan Pohon di Kudus Tumbang hingga Timpa Sekolah

Jurnalpantura.id, Kudus – Hujan lebat disertai angin kencang siang tadi, Kamis (17/11/2022) mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik di wilayah Kabupaten Kudus. Kondisi itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mencatat, ada 12 titik di wilayah Kudus yang mengalami pohon tumbang. Pohon tumbang menyebabkan kerusakan fasilitas umum hingga bangunan sekolah.

12 titik pohon tumbang itu, antara lain, terjadi di Kompleks Perkantoran Mejobo Desa Megawon Kecamatan Jati, Jalan Sudirman atau depan Pegadaian Kudus, dan Jalan Kudus-Jepara Desa Garung Kidul Kecamatan Kaliwungu.

Lalu, di Jalan Kauman Desa Besito Kecamatan Gebog, Jalan Hadiwarno-Krawang Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo, dan Jalan Sunan Kudus Desa Demaan Kecamatan Kota.

Kemudian, di jalan Patimura Desa Getas pejaten Kecamatan Jati tepatnya di depan SMPN 1 Jati, Jalan Bareng-Colo Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo, dan Jalan Lingkar Utara Desa Peganjaran Kecamatan Bae.

Evakuasi pohon tumbang di Kabupaten Kudus, Kamis (17/11/2022)

Selanjutnya, di SD Pedawang Desa Pedawang Kecamatan Bae, Jalan Gondangmanis Desa Gondangmanis Kecamatan Bae tepatnya di SMAN 2 Bae, serta Jalan Kapten Ali Mahmudi Desa Panjang Kecamatan Bae.

Kepala BPBD Kudus Mundir menyebut, pohon tumbang terjadi lantaran kondisi pohon yang sudah tua dan lapuk. Sehingga, ketika terjadi hujan lebat disertai angin siang tadi mengakibatkan beberapa pohon tua menjadi tumbang.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa saat peristiwa terjadi, hanya ada beberapa fasilitas umum yang tertimpa pohon tumbang,” ujarnya, Kamis (17/11/2022).

Mudir merinci, ada sekitar 2 sekolah yang mengalami kerusakan akibat pohon tumbang tersebut. Yakni, TK Getas Pejaten yang mengalami kerugian hingga Rp 1 Juta, dan SD Pedawang yang ditaksir mengalami kerugian hingga Rp 5 juta.

“Selain itu juga ada pohon tumbang yang menimpa kabel PLN dan jaringan. Di beberapa titik juga lalu lintasnya tersendat karena pohon yang tumbang berada di jalan raya,” tandasnya.

Mundir melanjutkan, upaya yang telah dilakukan untuk menangani peristiwa itu, antara lain, pemotongan pohon tumbang serta pembersihan pohon tumbang agar tidak membahayakan pengguna jalan. (J05/A01)

Komentar