Delapan Calon Kades di Kudus Siap Berlaga Rebut Kursi

Jurnalpantura.id, Kudus – Delapan calon kepala desa (Bacakades) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah siap berlaga memperebutkan kursi kepemimpinan di pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2023.

Bacakades telah ditetapkan sebagai calon kepala desa (Cakades), Kamis (25/5) kemarin. Dengan rincian, tiga cakades untuk Pilkades Golantepus, Kecamatan Mejobo dan 5 cakades Getasrabi, Kecamatan Gebog, Kudus.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono menjelaskan, proses Pilkades serentak 2023 telah mencapai tahapan penetapan cakades dan nomor urut.

Lebih lanjut, dari dua desa yang menggelar pilkades tersebut, peserta yang ditetap sebanyak delapan orang.

‘’Untuk Desa Golantepus 3 cakades, dan Getasrabi 5 cakades,’’ ujarnya di temui, Kamis (25/5/2023) pagi kemarin.

Selanjutnya, kata Adi, tahapannya adalah pengumuman nomor urut, foto dan nama cakades yang telah ditetapkan oleh panitia tersebut. Sedangkan waktu pengumunan tersebut selama tujuh hari, terhitung mulai 26 Mei-5 Juni 2023 mendatang.

‘’Kemudian dilanjutkan masa kampanye selama tiga hari sebelum masa tenang, mulai 6-9 Juni 2023. Sedang masa tenang mulai 9-12 Juni. Dan untuk pencoblosannya akan dilaksanakan 13 Juni 2023,’’ tandasnya.

Pihaknya menambahkan, dalam masa kampanye itu telah ditentukan jadwalnya. Hari pertama adalah penyampaian visi dan misi cakades, yang digelar di dalam ruangan. Kegiatan ini wajib diselenggarakan oleh setiap panitia Pilkades 2023, dan menghadirkan cakades, Badan Permusyawaratan Desa dan masyarakat.

‘’Kemudian visi dan misi serta foto cakades itu, dipasang di papan pengumuman di balai desa. Selain itu juga di tempat yang strategis atau mudah dibaca oleh masyarakat,’’ tegasnya.

Ditanya soal Pilkades Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Adi menuturkan, untuk saat ini belum ada penetapan. Tahapannya memang berbeda dengan pilkades yang reguler.

‘’Nanti pemilihannya juga secara musyawarah, yang dihadiri panitia, tokoh agama, masyarakat yang pihak-pihak yang bersangkutan,’’ ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, tiga desa di Kabupaten Kudus bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2023. Dimana pelaksanaan pencoblosan, dijadwalkan oleh Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten setempat, 13 Juni 2023 mendatang.

Tiga desa itu, dua desa menggelar Pilkades reguler yakni Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, dan Desa Getasrabi, Kecamatan Gebog. Sedang yang melaksanakan Pilkades PAW, yakni Desa Janggalan, Kecamatan Kota.***

Komentar