Tak Kuat Tahan Beban Air Hujan dan Sampah Dahan, Atap Kanopi Masjid di Kudus Roboh

Jurnalpantura.id, Kudus – Hujan deras yang mengguyur wilayah di Kecamatan Kota Kudus pada Sabtu 11/11/202 membuat atap kanopi di halaman Masjid Al Hamidiyah Jl. Hos Cokroaminoto turut Desa Mlati Lor, Kecamatan Kota, Kudus, roboh.

Beruntung tidak ada korban jiwa, namun akibat dari robohnya atap kanopi, dua mobil yakni Ambulance SAR NU B 1513 EQD dan Toyota Avanza H 1193 WQ tertimpa runtuhan.

Dari pantauan Jurnalpantura.id dilokasi, terlihat atap kanopi dari bahan galfalom menutupi sebagian halaman masjid dan terlihat ada dua mobil yang tertimpa reruntuhan.

Sejumlah relawan dari Bagana Banser NU Sat Rayon Kota beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Piket SPKT Polsek Kudus Kota membersihkan reruntuhan atap galfalom dan berusaha mengevakuasi 2 mobil yang terjepit runtuhan kanopi.

“Kejadian robohnya atap kanopi tadi sekitar pukul 16.15 WIB, dan sekitar pukul 17.00 WIB, dua mobil yang tertimpa reruntuhan bisa dievakuasi,” kata Kapolsek Kudus Kota Iptu Subkhan. Sabtu 11/11/2023 malam.

Menurut Iptu Subkhan, dari keterangan para saksi sebelumnya memang terjadi hujan deras disertai angin kencang. Dan tak lama kemudian terdengar suara Brukk.

“Setelah mendengar suara Brukk, para saksi mengecek keasal suara, ternyata atap kanopi galfalum masjid sudah roboh,” ujarnya.

Berdasarkan informasi sementara, Kontruksi tiang penyangga atap kanopi yang kurang kuat menahan beban sampah dahan dan ranting yang menumpuk diatap, ketika bercampur dengan air hujan mengakibatkan penambahan beban atap, hingga mengakibatkan tiang penyangga tidak mampu menahan beban.

Dalam peristiwa ini atap kanopi masjid ukuran luas sekira 200 m² dengan kerugian ditafsir sebesar Rp. 60.000.000,_.

Sementara 1 Unit KBM Ambulance mengalami pesok bemper depan dan belakang dengan kerugian ditafsir Rp. 500.000,_. (J02/A01)

Komentar