Tak Kenal Lelah Para Pelajar Berlatih Baris-berbaris Untuk Menjadi Paskibra

Kepemudaan114 Dilihat

Jurnalpantura.id, Demak – Antusiasme pelajar baik putra maupun putri untuk mendaftar dan mengikuti pelatihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) sangat tinggi sekali.

Sebagaimana peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) , Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim Demak memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap anggota Paskibraka Tingkat Kabupaten di lapangan Upacara Kabupaten Demak. Kamis, 02/08/2018.

Babinsa Kodim Demak dari Koramil Kota Serma Paijan dibantu Serma Arifin melatih teori, praktek peraturan baris-berbaris dan disiplin. Pembinaan dan pelatihan Paskibraka tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan Paskibraka adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar.

Salah satu pelatih Paskibraka tingkat Kabupaten Demak yakni Babinsa yang kesehariannya bertugas di Koramil Demak Kota Serma Paijan mengatakan,menjadi seorang Paskibra bukanlah suatu hal yang mudah, butuh pengorbanan dan keseriusan sungguh-sungguh untuk mendapat hasil yang maksimal saat pelaksanaan 17 Agustus nanti.

Anggota TNI sedang melatih Paskibra (Foto : istimewa)

Derap langkah yang semangat dan kekompakan, lanjutnya, akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibraka dalam melaksanakan tugasnya, sehingga pada akhirnya dapat terbentuk generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental maupun pikiran.

“Kita berlatih mulai dari pagi dengan sore. Meskipun kondisi cuaca yang terik, akan tetapi tidak mempengaruhi semangat mereka untuk melakukan setiap gerakan yang dilatihkan,” tuturnya di sela-sela waktu istirahat.

Sementara itu, Komandan Kodim Demak Letkol Inf Abi Kusnianto menyampaikan kepada para pelatih yang dipilih dan dipercara oleh satuan untuk melatih Paskibraka untuk terus memberikan latihan semaksimal mungkin, terutama mereka yang terpilih dari perwakilan setiap sekolah se Kabupaten Demak sebagai Paskibraka untuk upacara bendera peringatan HUT RI ke 73 nanti. Ajarkan juga mereka yel-yel agar semangat meraka tetap terjaga.

“Kepada para kader yang terpilih dari perwakilan setiap sekolah se Kabupaten Demak lakukan latihan dengan baik, penuh semangat dan jaga kesehatan serta berdo’a kepada Allah S.W.T, supaya diberikan kemudahan, kelancaran dan juga kesehatan, sehingga saat pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan sukses,” Pungkas Dandim.(J02/A01)

Komentar