oleh

Selamatkan Petani, Sepekan Lebih Karang Taruna Wates Pompa Air di Persawahan

Jurnalpantura.id, Kudus – Banjir yang merendam wilayah Kudus sudah hampir satu bulan lamanya. Tak hanya pemukiman warga, puluhan ribu hektar persawahan juga turut berubah menjadi lautan.

Bahkan, banyak tanaman padi yang sebentar lagi memasuki masa panen turut terendam banjir.

Melihat kondisi tersebut, Suliyono Ketua Karang Taruna Desa Wates berinisitif membantu petani mengurangi ketinggian air di persawahan dengan cara memompa air keluar dari persawahan.

“Kasihan para petani, 13 hari lagi harusnya panen, namun hingga kini masih terendam,” Kata Suliyono.

Jika air di area persawahan tidak kunjung surut maka akan mengakibatakan gagal panen dikarnakan padi membusuk terendam banjir terlalu lama.

14 pompa air di operasikan anggota Karang Taruna Tunas Jaya Desa Wates untuk mengurangi genangan di persawahan (Foto:Istimewa)

Untuk itulah, Anggota Karang Taruna Tunas Jaya Desa Wates menyediakan pompa untuk mengurangi air yang merendam persawahan.

“Ada 14 pompa dengan berbagai ukuran. 2 pompa air dengan kapasitas 10 dim, 3 pompa air kapasitas 8 dim dan 9 pompa kecil,” Ujar Suliyono.

Pompa-pompa tersebut ditempakan di sebelah Jembatan Sungai Embung Dukuh Ngelo Karangrowo, sehingga pompa dapat mungurangi air di persawahan 3 desa.

Biaya Operasional pompa selama sepekan berasal dari iuran anggota Karang Taruna Tunas Jaya Desa Wates (Foto:Istimewa)

“Ketiga Desa tersebut Wates, Ngemplak, Ngelo Karangrowo dengan total keseluruhan area persawahan ± 400 Hektar,” Jelasnya.

Diletakanya pompa di dukuh Ngelo Karangrowo dikarnakan posisi pembuangan air ke Embung lebih mudah dikontrol dan dekat dengan Jalan Cor sehingga memudahkan oprasional.

Disinggung mengenai biaya operasional pompa selama sepekan ini, Suliyono menyatakan,” Biaya operasional selama ini, berasal dari iuran anggota Karang Taruna Tunas Jaya dan juga dar donatur masyratkat Desa Wates.” (J02/A01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed