oleh

Longsor, Akses Jalan Desa Colo Dengan Kuwukan Tertutup

Jurnalpantura.id, Kudus – Masih tingginya intensitas Hujan yang turun di Kota Kretek bagian atas, Kawasan Muria menyebabkan tanah longsor di Desa Colo, Dawe. Akibatnya jalan Desa Colo tertutup matrial longsor.

Yakni pada jalan penghubung Desa Colo dengan Desa Kuwukan, Dawe dan jalan Desa Colo Dukuh Kombang RT 02 RW IV, Dawe, Jum’at 10/01/2020 siang tadi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya, longsoran tanah dari dinding jalan sempat menutup jalan desa dan membuat arus lalu lintas terhambat sementara.

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengatakan jika peristiwa longsor terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

“Peristiwa terjadi siang tadi sekitar pukul 13.00 WIB,” ucapnya.

Masyarakat sekitar dibantu relawan BPBD kudus membersihkan matrial longsor dari jalan (Foto:J02)

Untuk penyebab, tanah pada daerah lokasi longsor dianggap telah jenuh atau rapuh. Belum dengan adanya dangkel akar bambu yang menambah beban tanah.

Untuk penanganan, lanjutnya, warga dibantu dengan relawan membersihkan sendiri longsoran tanah yang menutupi areal jalan desa.

“Sudah dibersihkan warga dan relawan,” ucapnya.

Hingga kini, jalan desa masih terus dibersihkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi material yang licin. Pihaknya pun tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap longsor susulan. (J02/A01)

Komentar