Kwarcab Kudus Gelar Pelatihan Pengelolaan Dewan Kerja

Kepemudaan90 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Kudus – Pendidikan dan Pelatihan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan.

Dengan tujuan untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kepemimpinan. Khususnya untuk anggota Pramuka Penegak dan Pandeglang.

Kwartir Cabang Kudus menggelar PPDK kepada anggota Pramuka agar dalam berkehidupan masyarakat, mempunyai nilai lebih sehingga dapat menjadi motor penggerak di lingkungan masyarakat tempat tinggal.

Kegiatan PPDK yang dilaksanakan Kwartir Cabang Kudus bertempat di SMP Bhakti Praja Gebog Jln.PR Sukun Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, Kamis 12/07/2018.

  Kegiatan yang dihadiri oleh Babinsa Desa Jurang Serka Suyoto, mewakili Danramil Gebog Kapten Inf A.Bashir. Selain itu turut hadir jajaran Muspika Kecamatan Gebog, para Pembina Pramuka, dan tamu undangan.

Sasaran Diklat Pramuka Penegak dan Pandega diarahkan pada tiga hal utama, yaitu menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan pribadi dalam hal :
 1. Mengelola satuan gerak yang meliputi satuan Ambalan, Racana, Satuan Karya, serta Satuan Bina yaitu Dewan Kerja.
2. Melatih keterampilan dan kepemimpinan khas Gerakan Pramuka.
3. Penguasaan keterampilan yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan masyarakat.

Sebanyak 33 anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega utusan dari 9 Kwartir Ranting yang ada di lingkup Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kudus mengikuti Pelatihan Pengelola Dewan Kerja (KPDK).

Kegiatan tersebut merupakan agenda Kwartir Cabang Kab.Kudus yang sangga kerja nya adalah Dewan Kerja Cabang T&D Kwarcab Kudus.

KPDK diselenggarakan guna meningkatkan mutu serta keterampilan mengelola Dewan Kerja para Pramuka Penegak dan Pandega, agar nantinya mereka lebih memiliki peran di masyarakat. Selain itu diharapkan pula peserta dapat memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan program yang ada di Gugus Depannya juga di Dewan Kerja Rantingnya.

Kursus Pengelola Dewan Kerja tingkat telah dilaksanakan mulai tanggal 12-15/07/2018, dengan mengusung tema “Mari Menjadi Dewan Kerja Yang Aktif Dan Inovatif”

Hal tersebut dimaksudkan agar Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Kudus siap untuk beraksi dan siap untuk melayani.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Harian Kwarcab Kab.Kudus Kak Didik Hartoko

Dalam kegiatan tersebut, para peserta dibekali beberapa materi pelatihan, di antaranya teknik lobi negosiasi diplomasi, reading personality and leadership, administrasi kesekretariatan dan beberapa kegiatan yang behubungan dengan pengelolaan dewan kerja dan pembentukan karakter bangsa.

Pemateri yang mengisi kegiatan ini adalah mereka para pelatih dari Pusdiklatcab Kudus, yang memang sudah terbiasa melatih peserta didik ataupun pembina untuk menjadi Pramuka yang berkompeten.

Semoga, setelah kegiatan KPDK ini berakhir, para peserta mampu mengaplikasikan semua ilmu yang didapatnya baik untuk memajukan Gugus Depan ataupun Dewan Kerja rantingnya masing-masing. (J10/A02)

Komentar