Kudus Catat Sudah Ada 8.120 Guru Swasta Terima Manfaat Program HKGS

pendidikan218 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Sudah ada sebanyak 8.120 guru swasta di Kabupaten Kudus yang tercatat sebagai penerima program Honorarium Kesejahteraan Guru Swasta (HKGS) tahun 2023 ini.

Para guru penerima program unggulan dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kudus ini mendapatkan besaran honor yang berbeda-beda, mulai dari Rp 350 ribu, Rp 400 ribu, Rp 600 ribu, hingga Rp 1 juta.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Kudus, Syafii menyampaikan, ada sekira 1.713 guru swasta susulan atau tambahan yang menerima HKGS tahun 2023. Dimana, sebelumnya hanya ada 6.407 guru swasta penerima HKGS di tahun 2022 kemarin.

“Yang guru tambahan ini semua dapat Rp 350 ribu. Pencairan untuk bulan Januari, baru bisa dicairkan pada bulan Februari, begitupun seterusnya. Nanti yang Desember jadinya cair dua nanti,” terangnya, Selasa, 19 September 2023.

Pihaknya juga menyampaikan, program HKGS tahun 2023 yang tengah berjalan ini dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 dengan total anggaran sekira Rp 44,5 miliar.

Adapun guru yang menerima HKGS ini terbagi ke dalam lima forum, yakni pertama, Forum Peduli Pendidikan Madrasah Swasta (FPPMS), yang terdiri dari guru raudlatul athfal (RA), madrasah ibitidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan madrasah aliyah (MA).

Kedua, forum komunikasi diniyah taklimiyah (FKDT) yang terdiri guru madrasah diniyah (Madin). Ketiga, Badan Koordinasi Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Quran (Badko LPQ) yang terdiri dari guru Taman Pendidikan Al Quran (TPQ).

Keempat, Forum Komunikasi Wiyata Bhakti (FKWB) yang terdiri dari guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Kelima, Diakonia atau guru pendidikan agama, kristen, khatolik, hindu yang mengajar pada hari Minggu.

“Penerima program HKGS itu merupakan guru aktif mengajar dan bukan tercatat sebagai ASN,” tandasnya. (J05/A01)

Komentar