Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Universitas Muria Kudus Oleh Kapolda Jateng

pendidikan164 Dilihat
JURNALPANTURA.COM, Kudus –   Kuliah Perdana bagi mahasiswa baru Universitas Muria Kudus Tahun 2017 – 2018 berbeda dengan tahun Sebelumnya.Kapolda Jawa Tengah  Irjen Pol Drs. Condro Kirono, MM, M. Hum.Berkesempatan mengisi kuliah perdana  tahun ini. Bertempat di gedung Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK), Desa Gondangmanis kec Bae, Jumat 15/09/2017. Kuliah perdana dengan tema “Merajut Kebhinekaan Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa” kepada masa pengenalan akademik mahasiswa baru (SAPAMABA) Universitas Muria Kudus tahun  2017/2018 serta penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Polda Jateng dengan Universitas Muria. 

Kuliah perdana tahun ajaran 2017 – 2018 selain dihadiri seluruh mahasiswa baru dari berbagai fakultas dan program studi, juga dihadiri oleh, AKBP Bambang W (Wadir Binmas Polda Jateng), Drs. H. Noor Yasin, MM (Setda Kab Kudus) mewakili Pemkab Kudus, Letkol Czi Gunawan Yudha Kusuma, S.E., M.S.P ( Dandim 0722/Kudus), Para Kapolres se-Eks Karesidenan Pati, Dr. Suparnyo, SH, MS (Rektor Universitas Muria Kudus).

Sebelum acara kuliah perdana di mulai, terlebih dahulu penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan penyerahan cindra mata oleh Irjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum (Kapolda Jawa Tengah) dengan Universitas Muria Kudus.

Dalam sambutan Dr. Suparnyo, SH, MS (Rektor UMK) menyampaikan, Ucapan selamat datang dan ucapan beribu terimakasih atas kesempatan penyampaian ilmu yang akan disampaikan kepada mahasiswa baru karena di tengah kesibukannya masih menyempatkan diri untuk hadir.”Mahasiswa merupakan generasi penerus suatu bangsa untuk itu kompetisi dan bersaing saat ini mahasiswa harus bisa memilah untuk kemajuan suatu Bangsa ” sambung Rektor UMK.
Dalam kondisi global kita mengalami persoalan eksistensi generasi muda yaitu minat baca dan bahaya narkoba untuk itu peran mahasiswa mempunyai peran untuk mencegahnya.

Irjen Pol Drs. Condro Kirono, MM, M.Hum (Kapolda Jawa Tengah) dalam kuliah nya “Kehadiran saya di sini didampingi oeh beberapa Kapolres se-Karesidenan Pati dalam acara pemberian kuliah perdana pada Mahasiswa baru di Kampus UMK.Mahasiswa harus giat belajar dan dapat bersosialisasi kepada semua masyarakat sehingga nantinya dapat bermanfaat dan didapatkan pengalaman di lapangan”.

Dengan bermacam-macam suku, agama serta ras ini akan menimbulkan banyak potensi konflik, untuk itu kita harus bisa merawat dengan cara hidup saling hormat-menghormati dan menyamakan perbedaan- perbedaan tersebut.
Kapolda Jateng berharap agar mahasiswa ikut berperan aktif di masyarakat, menyampaikan kepada masyarakat agar kita kembalikan lagi kepada jati diri bangsa kita yaitu menjunjung tinggi nilai-nilai moral budaya bangsa Indonesia Pancasila dan UUD RI tahun 1945.Dengan perbedaan serta bebas mengemukakan pendapat kita harus mengikuti aturan serta norma-norma yang ada sehingga nantinya dalam penyampaikan pendapat tidak menimbulkan masalah baru.

Peran serta mahasiswa untuk ikut menjaga Negara Indonesia yang sangat kaya akan budaya serta kekayaan alam yang terkandung, sehingga bangsa lain mengincar untuk menguasainya itu ditempuh dengan berbagai cara diantaranya melumpuhkan generasi muda dengan senjata narkoba.Dampak dari penggunaan narkoba secara umum adalah dapat merusak generasi muda dan secara khusus pada diri kita sendiri akan selalu ketergantungan.

 Untuk itu dalam perkembangan suatu negara peran generasi muda sangat diperlukan demi kemajuan dan keutuhan negara NKRI dengan cara kita harus bisa memahami wawasan kebangsaan serta paham akan bentuk radikalisme.
Jangan sampai mahasiswa sebagai generasi bangsa, sebagai calon pemimpin masa depan terjebak bahkan ikut dalam penyebaran  berita yang tidak Bisa di pertanggungjawabkan.(J02)

Komentar