oleh

BST Kemensos Rp 600ribu Mulai Dibagikan, Hartopo Ajak Masyarakat Kontrol Data Penerima

Jurnalpantura.id, Kudus – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus M Hartopo secara simbolis menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp. 600 ribu dari Kemensos kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Pembayaran BST Tahap I tersebut dilaksanakan di Kantor Pos Kudus, Senin 11/05/2020.

Sesuai jadwal, BST Tahap I ini dilaksanakan selama tiga hari dengan total 1069 penerima dari Kecamatan Kota. Sementara secara keseluruhan, terdapat 6004 penerima BST se-Kabupaten Kudus yang dimungkinkan dapat bertambah.

“Di kudus ini ada 11 titik, di sini (Kantor Pos) ada 3 titik, sehingga yang di kecamatan ada 8 titik. Jadi semua yang diserahkan ada 6004 saat ini. Ada data tambahan yang total semuanya sembilan ribu sekian. Mudah-mudahan dalam tiga bulan ini bisa diserahakan pada orang-orang yang memang betul-betul berhak menerima,” ujarnya.

Plt Bupati Kudus M Hartopo bersama warga penerima BST Kemensos (Foto:J02)

M Hartopo mengungkapkan telah menginstruksikan Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Kudus untuk membuat skala prioritas bagi para penerima bansos. Penerima haruslah dari masyarakat yang sedang terpuruk akibat mata pencahariannya terdampak Covid-19. Hal tersebut dilakukan demi menghindari terjadinya kecemburuan sosial di masyarakat.

“Dari Dinsos membuat skala prioritas untuk yang mendapatkan bantuan, diutamakan orang-orang yang sedang terpuruk, jangan sampai terjadi kecemburuan di masyarakat,” tuturnya.

Terkait verifikasi data, M Hartopo meminta agar para kepala desa / lurah untuk menempel daftar para penerima bansos di kantor kepala desa / kelurahan hingga ke tingkat RT. Pihaknya ingin masyarakat turut memverifikasi dan mengevaluasi data tersebut, sehingga bantuan betul-betul tepat sasaran.

“Untuk penerima bansos dari Kemensos, Dana Desa, Provinsi dan Pemda Kudus harus ada listnya masing-masing. Semua data itu akan ditempel di semua RT, di setiap kantor desa tujuannya biar masyarakat bisa ikut verifikasi dan evaluasi, biar semua orang tahu dan ikut menilai,” pesannya. (J02/A01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed