Tol Jakarta – Semarang selesai 2018

infrastruktur133 Dilihat

JURNAL PANTURA.COM, Tegal – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang tersambung pada 2018 mendatang. Itu disampaikan Budi saat berkunjung ke Kampus II Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) di Jalan KH Abdul Syukur Kelurahan Margadana Kecamatan Margadana, kemarin.
“Tol dari Jakarta-Semarang selesai sebelum Lebaran tahun depan,” kata Budi.
Menhub mengunjungi PKTJ seusai dirinya meninjau Pelabuhan Pekalongan. Di PKTJ, dia disambut Direktur PKTJ Yudi Karyanto dan upacara pedang pora. Usai berlangsungnya apel, taruna memberikan sambutan dengan menampilkan marching band, kulintang, dan paduan suara.
Menhub datang didampingi sang istri Endang Budi Karya Sumadi, Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Kepala Pusat Pengembangan SDM Pepen Supendi, Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Wisnu Handoko, dan pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lainnya.
Budi menekankan kepada operator tol agar memastikan kehadiran masyarakat. “Misalnya, dengan membuat rest area untuk tempat kegiatan perdagangan. Bagi Pemda yang memiliki tanah, bisa saja rest area diperbesar. Sehingga, dapat dilakukan kemungkinan-kemungkinan agar ekonomi masyarakat bisa tetap hidup,” ujar menteri lulusan Universitas Gajah Mada itu.
Menurutnya, keselamatan merupakan salah satu kriteria keberhasilan transportasi. Untuk itu, Kemenhub tidak hanya membangun di lapangan, namun juga mempersiapkan sumber daya manusia (SDM).
Karena itu, BPSDM diminta untuk melakukan konsolidasi dan peningkatan-peningkatan agar PKTJ dapat berkembang dengan baik.
“Dari (PKTJ, Red.) sinilah kita akan mendapatkan insan-insan transportasi yang memiliki kualifikasi. Secara khusus, saya minta agar mereka (taruna PKTJ, Red.) memiliki mimpi yang tinggi dan terus meningkatkan kualitas diri. Sehingga, nantinya bisa mengisi ruang-ruang kegiatan yang ada di bidang transportasi,” ungkap Budi.(J02)

Komentar