Tiga OPD di Kudus Raih Penghargaan dari Menteri PANRB, Bupati Sam’ani : Terus Berbenah dan Berinovasi untuk Pelayanan Lebih Baik

- Jurnalis

Senin, 19 Mei 2025 - 14:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan predikat

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan predikat "Pelayanan Prima" pada PEKPPP Tahun 2024 dengan nilai 4,63. Indeks Pelayanan Publik atas hasil PEKPPP 2024 untuk Pemerintah Kabupaten Kudus yaitu 4,61 (Foto:Istimewa)

Jurnalpantura.id, Kudus – Bupati Kudus Sam’ani Intakoris menyerahkan penghargaan dari Menteri PANRB terkait Pelayanan Prima dalam Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024 kepada OPD penerima saat Apel Pagi di halaman Pendapa Kabupaten Kudus, Senin 19/05/2025.

Penghargaan kepada tiga OPD ini, merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Kudus dalam meningkatkan pelayanan masyarakat.

Ketiga OPD, dantaranya RSUD dr. Loekmono Hadi dengan predikat “Pelayanan Prima” pada PEKPPP Tahun 2024 dengan nilai 4,64.

Kemudian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan predikat “Pelayanan Prima” pada PEKPPP Tahun 2024 dengan nilai 4,63.

Lalu Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan predikat “Pelayanan Prima” pada PEKPPP Tahun 2024 dengan nilai 4,63.

Indeks Pelayanan Publik atas hasil PEKPPP 2024 untuk Pemerintah Kabupaten Kudus yaitu 4,61 dengan Kategori A / Pelayanan PRIMA dan menduduki peringkat 6 nasional kluster Kabupaten.

“Ini semua berkat kerja keras seluruh pegawai untuk kemajuan Kabupaten Kudus,” terangnya.

Pihaknya berpesan kepada seluruh pegawai untuk terus berinovasi dan tidak terjebak zona nyaman.

Sam’ani yang hadir bersama Wakil Bupati Kudus Bellinda Birton meminta pegawai menyisihkan waktu untuk memikirkan terobosan sehingga pelayanan makin efektif, efisien, dan akuntabel. Terutama dengan penerapan berbasis teknologi.

Baca Juga :  Peringati Hari Anti Korupsi, Pemkab Kudus Komitmen Bersama Lawan Korupsi

“Semua pegawai harus terus berbenah diri dan berinovasi untuk melayani masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. Karena mau tak mau, suka tidak suka, semuanya sudah berbasis IT,” imbuhnya.

Menyikapi berbagai inovasi, bupati juga mengingatkan pegawai untuk segera beradaptasi. Sehingga bisa menghadapi inovasi disruptif, yakni proses perubahan yang terjadi di suatu industri atau sektor yang mengakibatkan terjadinya pergeseran besar dalam cara bisnis atau produksi yang sudah ada.

“Panjenengan harus selalu berbenah menyikapi berbagai inovasi dan perubahan yang terjadi,” pesannya.

Perubahan seperti pergeseran, mutasi, maupun promosi juga harus disikapi dengan bijaksana. Sam’ani menjelaskan penyegaran adalah hal biasa dan dapat menstimulasi peningkatan kapasitas pejabat.

Menurutnya, pengembangan diri tak hanya melalui diklat, tapi juga dengan mutasi dan promosi. Pihaknya mengingatkan bahwa seluruh jabatan adalah amanah dan hanya sementara.

“Adanya perubahan seperti pergeseran, mutasi, maupun promosi jangan disikapi, salah saya apa. Tapi harus menjadi motivasi untuk pengembangan kapasitas diri,” tandasnya. (J02/A01)

Berita Terkait

Pemuda Muhammadiyah Jepara Buka Layanan Samsat Corporate, Buktikan Organisasi Bisa Mandiri
Resmikan Gedung Pelayanan Perumda Tirta Muria, Sam’ani : Gedung Baru, Pelayanan Harus Lebih Bagus
Pantau Kinerja ASN, Bupati Kudus Beri Tugas Eselon 3 dan 4 Bikin Esai Tulisan Tangan
Pastikan Kudus Jadi Titik Bahagia Bagi Pemudik, Bupati Sam’ani Cek Fasilitas Pos Pelayanan
Sambut Kedatangan Pemudik di Pendopo, Bupati Kudus : Selamat Merayakan Lebaran Bersama Keluarga Dengan Suka Cita
RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus Maksimalkan Pelayanan Saat Libur Lebaran
Mudik Lebih Nyaman, Banser Kudus Sediakan Posko dengan Fasilitas Lengkap
Kunjungi Perumda Tirta Muria, Bupati Kudus : Maksimalkan Pelayanan, Kasus 2020 Jadikan Pelajaran
Berita ini 56 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 12 Juni 2025 - 14:47 WIB

Pemuda Muhammadiyah Jepara Buka Layanan Samsat Corporate, Buktikan Organisasi Bisa Mandiri

Senin, 19 Mei 2025 - 14:43 WIB

Tiga OPD di Kudus Raih Penghargaan dari Menteri PANRB, Bupati Sam’ani : Terus Berbenah dan Berinovasi untuk Pelayanan Lebih Baik

Jumat, 25 April 2025 - 16:03 WIB

Resmikan Gedung Pelayanan Perumda Tirta Muria, Sam’ani : Gedung Baru, Pelayanan Harus Lebih Bagus

Rabu, 9 April 2025 - 16:50 WIB

Pantau Kinerja ASN, Bupati Kudus Beri Tugas Eselon 3 dan 4 Bikin Esai Tulisan Tangan

Jumat, 28 Maret 2025 - 13:38 WIB

Pastikan Kudus Jadi Titik Bahagia Bagi Pemudik, Bupati Sam’ani Cek Fasilitas Pos Pelayanan

Berita Terbaru

Proses Verifikasi Berkas pada SMPB di SMP 1 Jati, Kudus. (Foto: J05)

pendidikan

1.250 Pengajuan Akun SPMB SMP di Kudus Ditolak, Ini Penyebabnya

Jumat, 13 Jun 2025 - 13:19 WIB

Dalam Sidang Terbuka Senat Dies Natalis Universitas Muria Kudus (UMK) yang ke-45, UMK juga secara resmi meluncurkan maskot baru bernama WIRA. (Foto: J05)

Event

UMK Perkenalkan WIRA, Maskot Perayaan Dies Natalis ke-45

Kamis, 12 Jun 2025 - 15:58 WIB