Siswi Kelas 8 Jenjang SMP di Kudus Mulai Jalani ANBK Secara Daring

pendidikan251 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Sebanyak 51 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kudus mulai melaksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara daring, Senin (18/9/2023).

Ada empat mata ujian dalam ANBK kali ini, yakni Literasi, Survei Karakter, Numerasi, dan Survei Lingkungan Belajar. Pelaksanaannya dilakukan selama dua hari, dimana dalam sehari siswa mengerjakan dua mata ujian.

Pelaksanaan ANBK sendiri ditujukan kepada siswa kelas 8, dengan pesertanya yang telah ditentukan dari Pemerintah Pusat melalui sistem Data Pokok Pendidik (Dapodik) dari masing-masing sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Anggun Nugraha menyampaikan, pelaksanaan ANBK di Kudus dibagi menjadi dua gelombang.

Dimana gelombang pertama dilaksanakan oleh 27 SMP pada Senin-Selasa, 18-19 September 2023. Sedangkan, gelombang kedua dilaksanakan oleh 24 SMP pada Rabu-Kamis, 20-21 September 2023.

“ANBK itu kan proses assesmen untuk penilaian sistem penyelenggaran pendidikan di sekolah. Jumlah siswanya dan nama siswa yang diikutkan itu secara acak dipilih oleh sistem, dan pelaksanaannnya oleh sekolah masing-masing,” katanya, Senin (18/9/2023).

Terpisah, Kepala SMP 4 Kudus Dedi Triaprianto melalui Ketua Panita ANBK di sekolah setempat, Akhmad Sayuti mengatakan, ada 45 siswa yang ikut ANBK pada hari ini. Dimana jumlah tersebut di bagi ke dalam tiga ruang.

“Alhamdulillah pada hari pertama ini, pelaksanaan ANBK relatif sesuai dengan rencana dan harapan, 45 peserta utama hadir dan 5 peserta cadangan juga hadir,” katanya, saat ditemui di sekolah, Senin (18/9/2023).

Pelaksanaan ANBK pada hari pertama dimulai pada 10.40 WIB dengan mata uji Literasi dan Survei Karakter. Kemudian pada hari kedua besok, Selasa, 19 September 2023, adalah materi Numerasi, dan Survei Lingkungan Belajar.

“Untuk kendala kita sudah kita antisipasi, terutama masalah jaringan, ini kita sudah naikkan kapasitasnya agar dalam pelaksanaan ANBK ini nantinya bisa lancar sampai selesai,” tuturnya. (J05/A01)

Komentar