Ratusan Pelajar SMP Ikuti Ajang FLS2N 2023 Tingkat Kabupaten Kudus

Event, pendidikan314 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Ratusan pelajar jenjang SMP di Kabupaten Kudus mengikuti gelaran Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2023, bertempat di Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus, Kamis (25/5/2023).

Ada enam cabang lomba seni yang diperlombakan pada kali ini, meliputi menyanyi solo, kreatifitas musik tradisional, pantomim, ilustrasi, tari kreasi, dan ensambel musik.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Anggun Nugroho mengatakan, peserta lomba merupakan pelajar dari seluruh SMP di Kota Kretek.

“SMP Negeri maupun swasta ikut serta dalam lomba kali ini. Masing masing sekolah rata rata mengirimkan 20-an peserta, karena satu cabang lomba itu ada yang diikuti oleh beberapa siswa atau peserta,” ujarnya.

Pihaknya menuturkan bahwa antusias sekolah maupun pelajar dalam mengikuti ajang FLS2N tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Hal ini nampak dari properti serta persiapan yang dilakoni oleh para peserta lomba.

Anggun pun menargetkan, peserta terbaik dari seleksi FLS2N tingkat Kabupaten Kudus yang akan mewakili ke tingkat Provinsi Jawa Tengah, bisa memboyong penghargaan di beberapa cabang lomba. Terlebih, bisa berprestasi hingga tingkat Nasional.

“Tahun kemarin bisa sampai nasional, itu ada siswa SMP Negeri 1 Kudus, semoga nanti bisa sampai nasional juga,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Jati, Sumaryatun menyebut, ada 12 peserta yang dikirimkan oleh pihak sekolah setempat untuk mengikuti 5 cabang lomba pada FLS2N kali ini. Satu cabang lomba yang tidak diikuti yakni ensambel musik.

“Kemarin sudah dipersiapkan (peserta untuk ensambel musik) tapi karena anaknya sakit, jadinya tidak bisa ikut dulu,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya tetap optimis para siswa-siswinya bisa menampilkan yang terbaik dalam lomba seni bergengsi tingkat kabupaten ini.

“Kita persiapan selama satu bulan, anak-anak itu sangat antusias sekali malahan. Semoga bisa menampilkan yang terbaik, syukur-syukur bisa memboyong kejuaraan,” harapnya. ***

Komentar