Lomba MTQ tingkat Kabupaten Kudus Digelar, 482 Peserta Berebut Gelar Juara

Event, keagamaan398 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Sebanyak 482 peserta mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (TPQ) tingkat Kabupaten Kudus. Gelaran lomba sendiri dilangsungkan selama dua hari, mulai Senin-Selasa (11-12/9/2023).

Ada 18 cabang yang diperlombakan dalam ajang kali ini, meliputi cabang lomba tilawah dewasa, tilawah SD/MI, tartil SMA/SMK/MA, tilawah SMP/MTs, Tahfid 1 Juz dan tilawah, tahfidz 5 juz, tilawah SMA/SMK/MA, Tahfidz 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz.

Tilawah anak-anak, tartil SD/MI, tilawah SMA/SMK/MA, tartil SMP/MTS, Tahfidz 1 Juz, tilawah SMP/Mts, Khath Al Qur’an, Naskah, Mushaf dan dekorasi. Pelaksanannya berada di kompleks Pendapa Kabupaten dan Masjid Agung Kudus.

Sekretaris Panitia Lomba MTQ tingkat Kabupaten Kudus, Agus Siswanto menyampaikan, peserta lomba yang ikut dalam ajang MTQ tingkat Kabupaten Kudus terdiri dari kategori pelajar dan umum, serta dibedakan antara peserta putra dan putri.

Pihaknya menyebut, pada kategori pelajar SD/MI dan umum, dilakukan seleksi terlebih dahulu di tingkat kecamatan. Sementara untuk kategori pelajar SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA, langsung didaftarkan ikut di tingkat Kabupaten.

“Pelaksanaan lomba kita bagi di 10 majlis, dimana 3 majlis kita adakan di Masjid Agung dan 7 majlis diadakan di kompleks Pendapa Kabupaten Kudus,” ujar Agus, yang juga menjabat sebagai Kasi PAI Kemenag Kudus.

Lebih lanjut, penyelenggaraan Lomba MTQ ini juga dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Kota Kudus ke-474. Lomba diadakan selama dua hari, yakni mulai Senin, 11 September 2023, dengan agenda pembukaan lomba.

“Kemudian hari ini (Selasa, 12 September 2023) pelaksanaan lomba sampai sore nanti. InsyaAllah, sore nanti juga diumumkan langsung siapa juaranya dan penyerahan penghargaan,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta Lomba MTQ Cabang dekorasi Khath Al Qur’an, Anisa Fitri mengikuti perlombaan ini pada kategori umum putri. Ia merupakan santri dari Pondok Pesantren Misbahul Quran, Kudus.

“Ikut ini untuk mengasah skill, waktunya delapan jam, untuk keseluruhan tidak ada kesulitan,” katanya. (J05/A01)

Komentar