Cegah Kanker Serviks, Siswi MI Al Mannar Mulai di Suntik Vaksin HPV

kesehatan2110 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Puluhan siswi kelas 5 dan kelas 6 di MI Al Mannar Kudus, mulai disuntik vaksin Humman Pappilomavirus (HPV). Imunisasi ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker serviks sejak dini.

Kepala MI Al Mannar Kudus, Novita Chusniawati menyampaikan, jumlah siswi yang disuntik vaksin HPV ada 30 anak. Terdiri dari 15 siswi perempuan kelas 5 dan 15 siswi perempuan yang duduk di bangku kelas 6.

“Jumlah siswa kami di kelas 5 itu ada 36 anak tapi perempuannya ada 15 anak. Yang kelas 6 ada 35 siswa dan yang perempuan ada 15 anak juga. Vaksin HPV ini khusus untuk perempuan,” katanya, Selasa (19/9/2023).

Novita menyebut, pelaksanaan imunisasi di sekolah setempat sudah rutin dilaksanakan, bekerjasama dengan Puskesmas Rendeng. Kegiatan serupa juga telah dilakukan pada tahun 2022 lalu.

“(Kegiatannya) bagus, karena kita kan berusaha mensosialisasikan kepada anak biar bisa terhindar dari sakit tersebut. Anak sejak dini itu sudah tahu apa penyakit tersebut, bagaimana melindungi diri kita dari penyakit tersebut,” tuturnya.

Seperti responnya, Novita menyebut bahwa respon orangtua terhadap pelaksanaan imunisasi HPV ini juga sangat mendukung. Terlebih, selama ini tidak muncul keluhan berat dari siswa setelah disuntik vaksin.

“Orangtua menghendaki, tidak masalah,” tandasnya.

Sementara iru, Petugas Puskesmas Rendeng, Dewi menyebut bahwa imunisasi kali ini tidak hanya dilakukan terhadap siswa kelas 5 dan 6 saja. Pelaksanaan imunisasi juga ditujukan kepada siswa kelas 1 dengan vaksin MR.

“Vaksin MR itu untuk mencegah campak, kita berikan untuk kelas 1. Kalau yang vaksin HPV kita berikan untuk kelas 5 dan 6 khusus yang perempuan,” katanya, Selasa, 19 September 2023.

Untuk diketahui, siswa kelas 1 di MI Al Mannar yang telah disuntik vaksin MR berjumlah 30 siswa. Vaksin MR sendiri diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada anak. (J05/A01)

Komentar