Ragam Pentas Penyandang Disabilitas Ramaikan Ajang Difa Fest di Kudus

Event208 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Berbagai pentas yang ditampilkan oleh penyandang disabilitas meramaikan Panggung Difa Festival, yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Kabupaten Kudus.

Acaranya dipusatkan di Auln-alun Simpang Tujuh Kudus yang berbarengan dengan Car Free Day pada Minggu (3/12/2023) pagi. Dihadiri oleh peserta dari Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Kabupaten Kudus dan sekitarnya.

Diantaranya SLB Negeri cendono, SLB Negeri Kaliwungu, SLB Negeri Purwosari, Yayasan Darul Fathonah sekolah khusus, SLB Pandawa, FKDK (Forum Komunikasi Disabilitas Kudus), Pertuni, dan beberapa peserta dari Kabupaten Pati.

Heni Kusumangingati, Penanggung Jawab Acara mengatakan, Difa Festival ini diadakan dengan maksud untuk memberikan panggung atas kehebatan-kehebatan teman-teman difabel. Baik itu disabilitas mental, intelektual, hingga fisik.

“Semua disabilitas dengan jenisnya yang mempunyai bakat, kita berikan fasilitas panggung, kalau biasanya kan indoor ya, ini panggung yang di luar supaya masyarakat luas bisa melihat teman-teman semuanya,” ujarnya.

Ada banyak acara yang ditampilkan dalam acara Difa Festival pada kali ini. Mulai dari jalan sehat dengan mengitasi Alun-alun Simpang Tujuh Kudus hingga penampilan pentas seni di panggung utama Difa Festival.

“Dengan diawali jalan sehat memutari alun-alun, dengan tujuan supaya teman-teman bisa berbaur. Membaur supaya yang katanya tidak normal itu, juga sama dengan yang normal, Artinya kita bisa bareng semua,” tandasnya.

Lalu, lanjut Heni, ada Senam Inklusi, Pentas Seni ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) seperti baca puisi hingga bermain alat musik. Lalu, ditampilkan pula ajang Fashion Show, Tari, Gerak Lagu, Rebana dan Band Difabel. Serta bagi-bagi doorprize.

“Performnya beraneka ragam mulai dari baca puisi, bermain alat musik mulai dari angklung orgent gitar, solo perform, menari, teman-teman tuna rungu terus ada Fashion Show dan juga sudah ada yang dapat juara,” jelasnya. (J05/A01)

Komentar