Program Kesejahteraan Guru Swasta Lewat HKGS di Kudus Terus Dikawal

pendidikan374 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Upaya Pemerintah Kabupaten Kudus menyejahterakan guru swasta terus dilakukan oleh Bupati Kudus Hartopo. Tahun ini, terdapat 2.448 guru yang menerima Honorarium Kesejahteraan Guru Swasta (HKGS).

“Kami mengupayakan HKGS dapat diberikan untuk guru swasta sesuai masa mengajar. Semoga bermanfaat, nggih,” paparnya saat bersilaturahmi dengan FPPMS, FKDT, Badko LPQ di Gedung JHK Jekulo, Kamis (14/9/2023).

Hartopo menjelaskan penerima HKGS adalah hasil koordinasi dengan lembaga terkait termasuk Kementerian Agama (Kemenag) Kudus.

Bupati meminta agar perwakilan Forum Peduli Pendidikan Madrasah Swasta (FPPMS), Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), dan Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (Badko LPQ) terus berkoordinasi dengan pihak terkait terutama untuk meningkatkan nominal.

“Saya berupaya memperjuangkan HKGS sampai akhir masa jabatan saya yang berakhir akhir bulan ini. Mohon koordinasi dengan pihak terkait biar nominal HKGS terus meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, pengabdian guru madrasah swasta luar biasa. Tak hanya memberi ilmu, tapi juga membimbing siswa sehingga berakhlak mulia dan religius. Guru madrasah dinilai Bupati Kudus sangat berjasa untuk menyiapkan generasi penerus yang unggul.

“Pengabdian jenengan semua luar biasa. Tak hanya siswa jadi pintar, tapi akhlaknya juga baik,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menjelaskan komitmennya untuk membangun NU Center di Kudus. Hartopo menyebut telah berkoordinasi dengan pihak  terkait agar pembangunan NU Center lancar tanpa hambatan.

“Saya berkomitmen agar NU Center bisa berdiri tegak di Kudus. Kami mengupayakan bantuan dana bisa terus dilakukan sampai NU center jadi,” ucapnya.

Perwakilan tiga forum sekaligus Ketua Badko LPQ Kecamatan Jekulo Moch Nichan Sy berterima kasih kepada Hartopo. Sebab, HKGS merupakan jerih payah bupati untuk mengupayakan kesejahteraan guru swasta bagi yang telah mengajar selama 5 tahun.

“Matur nuwun Pak Bupati sudah memikirkan nasib kami para guru swasta. Kami akan memanfaatkan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Komentar