Lomba Poster Gempur Rokok Ilegal Sukses Digelar PWI Kudus, Berikut Enam Nama Pemenangnya

Event, Ketrampilan390 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kudus, bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kudus baru saja menggelar lomba poster bertemakan Gempur Rokok Ilegal.

Ketua PWI Kabupaten Kudus Saiful Annas mengatakan, dalam perjalanannya ada 93 desain poster yang dinilai oleh para dewan juri. Kemudian, desain-desain tersebut diseleksi menjadi 30 besar.

”Hingga akhirnya para dewan juri menentukan enam desain yang menurut mereka bisa merepresentasikan semangat menggempur rokok ilegal. Mulai dari makna dan pesan yang jelas dan simpel tapi ngena,” kata Annas.

Meski begitu, dia tetap memuji semua desain poster yang telah terkumpul pada lomba di tahun ini. Sekalipun dari segi jumlah peserta pada tahun ini mengalami penurunan, tapi dari segi kualitas desain poster yang terkumpul sama baiknya dengan tahun kemarin.

”Para dewan juri cukup kesusahan menentukan desain mana yang akhirnya bisa masuk enam besar, semua punya ciri khas dan karakternya masing-masing, semua desainnya juga bagus. Kami kagum, karena sekalipun ini di level pelajar dan mahasiswa, tapi desainnya sangat enak untuk disimak,” pungkasnya.

Kepala Diskominfo Kudus Dwi Yusie Sasepti menuturkan, kegiatan ini merupakan satu dari sejumlah langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus untuk menyosialisasikan aksi gempur rokok ilegal.

Para pemenang lomba bersama Bupati Kudus (Foto:J02)

”Sesuai amanat dari Peraturan Menteri Keuangan, salah satu kegunaan dana cukai adalah untuk penyosialisasian gempur rokok ilegal, nah kegiatan ini merupakan satu dari sekian langkah kami untuk menyosialisasikannya,” ucapnya di sela kegiatan.

Penyelenggaraan lomba desain poster ini, lanjut dia, diharapkan bisa menarik minat kalangan milenial dan Gen Z untuk menyuarakan kreatifitasnya dalam hal pemberantasan rokok ilegal di Kudus.

”Kami berharap ini menjadi salah satu jalan pemutus rokok ilegal di Kudus. Karena cara untuk menghentikan rantai peredaran rokok ilegal ini bisa lewat mana saja, salah satunya adalah dari sisi kreatifitas anak muda,” tandasya.

Enam desain terbaik pun telah dipilih guna mendapat hadiah jutaan rupiah, yakni :

1. Izz Zufar Nu’matullah asal SMK Raden Umar Said dengan judul Gempur Rokok Ilegal.

2. Anisa Miftahul Jannah asal Universitas Muria Kudus dengan judul Cukai Untuk Negeri.

3. Wafda Taufiqi asal Universitas Muria Kudus dengan judul Musnahkan Rokok Ilegal.

4. Fatikha Rahma Aulia Ashar asal Universitas Muria Kudus dengan judul DBHCHT untuk Kesehatan Masyarakat.

5. Keysha Amelia Putri asal SMA 1 Bae dengan judul Cukai Dikibuli, Akhirnya Masuk Bui.

6. Dimas Nugroho Prastyo asal SMAN 1 Gebog dengan judul Cukai Untuk Pembangunan Daerah.

Untuk penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Bupati Kudus HM Hartopo usai pelaksanaan Apel Hari Jadi Kudus ke 474 di Alun-alun Simpangtujuh Kudus. (J02/A01)

Komentar