Jelang Piala KONI ke-V, Atlet ASTI Kudus Pulihkan Stamina Lewat Metode Ice Bath

Sepakbola814 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Jelang Piala Bergilir KONI Pusat ke-V tingkat Nasional Tahun 2024, puluhan atlet Akademi Sarana Talenta Indonesia (ASTI) Kudus memulihkan stamina dengan metode ice bath atau berendam di bak berisi air es.

Turnamen Piala Bergili KONI Pusat sendiri akan berlangsung di di Lapangan Kodiklat TNI, Serpong, Tanggerang Selatan, mulai 24 hingga 30 Juni 2024 mendatang.

ASTI Kudus menerjunkan tiga tim untuk pertandingan kali ini, yakni tim Kategori Usia (KU) 10 yang dijadwalkan tanding pada 30 Juni 2024, KU-13 yang dijadwalkan tanding mulai 24-26 Juni 2024, dan KU-15 yang dijadwalkan tanding mulai 27-29 Juni 2024.

Coach ASTI Kudus, Yayat Hidayat mengatakan, untuk mengembalikan stamina para atlet, pihaknya telah memberikan treatmen khusus berupa ice bath. Terapi ini dilakukan dengan cara merendam tubuh ke dalam bak berisi air es.

“Fungsi dari ice bath ini untuk mengembalikan kondisi fisik anak. Anak sudah menjalani latihan berat satu minggu dan sudah melakoni pertandingan. Supaya kondisi pulih, disamping makanan bernutrisi juga pakai ice bath ini,” katanya.

Para atlet akan berendam selama 10-15 menit di dalam bak berisi air es dengan suhu ditaksir berada di bawah nol derajat celcius. Metode ini, kata Yayat, akan lebih mempercepat pemulihan stamina, di samping melakukan istirahat panjang.

“Karena kita akan ada event Piala KONI, jadi ice bath ini kita berikan untuk mempercepat pemulihan stamina anak-anak,” terangnya.

Sementara itu, CEO ASTI Kudus Arief Budianto mengaku tidak memasang target khusus pada pertandingan kali ini. Pihaknya berharap, anak-anak asuhannya bisa bermain dengan maksimal sesuai dengan arahan dan latihan yang telah dijalani.

“Kali ini (Piala KONI) kira-kira diikuti oleh 32 peserta dari Indonesia. Harapannya anak bisa bermain dengan maksimal, dengan kita sudah berpartisipasi itu akan bagus untuk pengalaman anak-anak,” tukasnya.

Arief melanjutkan, untuk menyiapkan stamina atlet, ASTI Kudus memberikan pelatihan rutin untuk mengasah skill permainan. Serta menguatkan mental pemain, agar bisa bermain dengan tenang saat pertandingan. Harapannya, tim ASTI Kudus bisa pulang membawa kebanggaan. (J05/A01)

Komentar