oleh

Fakta Baru Disidang BAORI, KONI Jateng Cabut SK KONI Versi Musorkablub

Jurnalpantura.id, Kudus – Sidang sengketa pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kudus di Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI) menemukan fakta baru.

Sebagai Termohon I, KONI Jawa Tengah memberikan jawaban. Dalam salinan jawaban, KONI Jateng mencabut SK Nomor 57/S.K/III/2021 tentang pengukuhan pengurus KONI hasil Musorkablub kepengurusan Imam Triyanto. Jawaban itu ditulis pada tanggal 5 Mei 2021 untuk dilayangkan ke BAORI.

Pencabutan SK itu tertuang dalam poin-poin penjelasan jawaban nomor, 18, 19, 21 yang ditulis KONI Jateng dalam sidang lanjutan BAORI.

Di dalam jawaban tersebut KONI Jateng menyebut pengukuhan personalia pengurus KONI Kudus masa bakti 2021-2025 telah dicabut dan dinyatakan tidak relevan.

Menurut Ketua Bidang Hukum KONI Kudus periode 2019-2023, Muhammad Nur Hasyim menyebut SK Nomor 57/S.K/III/2021 tentang pengukuhan personalia pengurusan KONI Kudus pimpinan Imam Triyanto masa bakhti 2021-2025 dinyatakan tidak relevan.

“SK tersebut dinyatakan dicabut. Itu kami ketahui dalam salinan jawaban KONI Jateng yang disampaikan ke BAORI. Melalui salinan yang kami terima,” kata Muhammad Nur Hasyim di hadapan awak media Kudus. Senin 31/05/2021.

Dengan pencabutan SK KONI hasil Musorkablub maka pengurusan yang sah yakni kepengurusan KONI kubu Antoni. Dengan kekuatan hukum SK Nomor 96/S.K/VII/2019.

“Semula KONI hasil Musorkablub telah diresmikan melalui SK dari KONI Jateng. Tapi karena SK itu dinyatakan dicabut, maka semestinya gugur secara hukum. Dan tersisa KONI kubu pak Antoni,” ungkapnya.

Selain itu kejanggalan pengesahan KONI Musorkablub terlihat dari SK yang dikeluarkan KONI Jateng.

Dalam pengesahannya itu, KONI Jateng hanya mencabut SK kepengurusan Antoni yang lama. Yakni SK NOmor 53/S.K/XII/2018 tentang pengukuhan personalia pengurus KONI Kudus masa Bakti 2019-2023.

Padahal sebenarnya SK tersebut sudah diperbaharui dalam pengesahan personalia melalui pengganti antar waktu (PAW). Dengan SK Nomor 96/S.K/VIII/2019. Artinya kepengurusan KONI kubu Antoni itu masih memiliki kekuatan hukum yang absah.

Sementara itu, Ketua KONI Kudus periode 2019-2023 Antoni Alfian menyebut sidang di BAORI masih berlanjut.

“Saat ini proses sidang ketiga. Dan akan berlanjut lagi pada 4 Juni nanti,” jelasnya.

Disinggung mengenai langkah terkait kedudukan kantor KONI Kudus saat ini, Antini belum memikirkan itu. Menurutnya saat ini pihaknya fokus proses sidang di BAORI.

“Kita tunggu hasil BAORI saja,” tutupnya. (J02/A01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed