Disdikpora Kudus Pastikan Kesiapan Server Aman saat Hari-H PPDB SMP

pendidikan666 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Guna mengantisipasi terjadinya server error atau masalah jaringan, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus telah berkoordinasi dengan pihak provider agar pada waktu pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bisa dipastikan lancar.

PPDB jenjang SMP di Kabupaten Kudus akan dilaksanakan secara daring atau online melalui laman https://kudus.siap-ppdb.com//. Pelaksanannya akan berlangsung selama tiga hari, mulai Senin, 24 Juni 2024 pukul 07.00 WIB dan akan ditutup pada Kamis, 27 Juni 2024 pukul 14.00 WIB.

“Kita sudah konfirmasi ke provider untuk sistem aplikasi biar nanti servernya benar-benar mumpuni, pada saat akses itu tidak muter-muter, sudah kita pastikan ke provider ke telkom,” ujar Kabid Pendidikan Dasar pada Disdikpora Kudus, Anggun Nugraha, Rabu 19/06/2024.

Pihaknya juga memastikan bahwa jaringan internet di masing-masing sekolah supaya aman. Sehingga, pada pelaksanaan PPDB akan lancar tanpa terkendala server atau jaringan error. Pihak sekolah pun diminta untuk menyiapkan tim panitia pelaksanaan PPDB secara matang.

“Disdikpora juga sudah mengadakan pelatihan teknis untuk petugas operator PPDB online agar nanti pas pelaksanaanya bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika menemui kendala,” tuturnya.

Pelatihan untuk petugas operator diberikan oleh Disdikpora Kudus, bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Sosial. Hal ini untuk mengantisipasi terkait masalah yang kemungkinan dihadapi dalam pelaksanaan PPDB jalur zonasi dan afirmasi.

“Nanti proses verifikasi KK (kartu keluarga) ketika ada keraguan dari pihak sekolah maka akan diinfokan ke Disdukcapil untuk dicek, terutama terkait KK kapan diterbitkan dan pemetaan wilayah zonasi,” tuturnya.

Anggun melanjutkan, Disdikpora Kudus juga menyiapkan Pos Pengaduan PPDB yang bisa diakses oleh masyarakat, baik melalui nomor telepon, whatsapp, web dinas setempat maupun secara offline di Kantor Disdikpora Kudus. (J05/A01)

Komentar