oleh

Bantuan Rapid Test Diterima, 398 Rapid Test Akan Disebar Ke Puskesmas

Jurnalpantura.id, Kudus – Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Kudus mulai menyebar sebanyak 398 alat rapid test untuk keperluan pengecekan ke semua Puskesmas di Kabupaten Kudus. Jumlah yang diterima di tiap puskesmas akan berbeda satu dan lainnya.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kudus, dr Andini Aridewi menyebut jika penggunaan alat rapid test akan diprioritaskan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah dipulangkan dalam kondisi sehat, di masing-masing wilayah cakupan puskesmas.

“Untuk prioritas utama memang PDP pulang sehat yang belum diswab,” katanya, Sabtu 18/04/2020.

Selain golongan tersebut, prioritas lainnya adalah para Orang Tanpa Gejala (OTG). Andini menjelaskan, OTG merupakan orang-orang yang berasl dari tracking kontak pasien positif Covid-19 yang tengah dirawat.

“Bisa keluarga pasien positif atau yang memiliki kontak erat dengan pasien,” ujarnya.

Kemudian, alat rapid test juga akan digunakan untuk mengecek para Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang tersebar di semua kecamatan. Jumlahnya sendiri, kata Andini, kini masih di angka ratusan.

“Kami juga akan mengecek PDP yang di rumah sakit,” terangnya.

Sementara hingga kini, pihak tim gugus tugas juga telah menerima beberapa kali bantuan dari pemerintah pusat melalui provinsi.

Di antaranya baju coverall sebanyak 200 buah, masker bedah sebanyak 1000 pcs, dan sejumlah obat-obatan untuk pasien dalam pengawasan dan pasien terkonfimasi positif Covid-19.

“Kami sudah mulai mendistribusikannya awal pekan ini,” tutupnya. (J02/A01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed