Antisipasi Berita Hoax, Pelajar Di Bekali Pendidikan Tentang Media

pendidikan229 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Pati – Pemerintah Kabupaten Pati, dalam hal ini Dinas Kominfo Kabupaten Pati mengadakan Paparan tentang Literasi Media. Acara ini bertempat di Sekda Pati, Rabu 30/08/2017.Kegiatan ini ditujukan untuk para pelajar yang ada di Kabupaten Pati.Perwakilan SMA se-Kabupaten Pati, mengirimkan Siswa-Siswinya guna mengikuti acara tersebut.Paparan ini adalah rangkaian kegiatan Diskominfo bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap pemberitaan yang bersifat hoax.

Dalam paparan ini, menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Dra. Dyah Widiastuti, Kasie Sumberdaya Kehumasan dan Komunikasi Publik yang memaparkan berkaitan Sikap Pemerintah terhadap Pemberitaan Hoax. “Untuk mengantisipasi berita hoax, kita harus hati-hati dengan judul sensasional yang provokatif. Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs dimaksud, Perhatikan darimana berita berasal dan siapa sumbernya. Cek keaslian foto dan ikut serta grup diskusi anti-hoax” papar Dyah Widiastuti.

Pembicara kedua narasumber dari Bagian Humas Setda Kab. Pati, Fithri Nugrahani S., S.Sos, M.Si yang memaparkan tentang Menangkal Berita Hoax. Fithri menyampaikan “Literasi Media bertujuan untuk mencegah dampak media pada khalayak dan menyiapkan khalayak agar menjadi konsumen media yang kritis.(J02)

Komentar