214 Pelajar Ikuti Popda Karate, Ajang Pencarian Bibit Emas

Advertorial, Kudus, Olahraga1408 Dilihat

Jurnalpantura.id, Kudus – Sebanyak 214 pelajar asal Kabupaten Kudus tengah bersaing dalam pekan olahraga pelajar daerah (POPDA) tahun 2024. Mereka bersaing untuk menjadi perwakilan Kota Kretek pada level yang lebih tinggi nantinya.

Ketua Panitia POPDA Karate Kudus 2024, Hendro Ariwibowo mengatakan bahwa antusias peminat dari peserta kali ini bertambah sangat banyak dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah untuk Popda tahun ini peminat dari peserta bertambah, apalagi untuk yang kelas SD dan SMP yang awalnya tahun kemarin hanya sampai tingkat kabupaten, insya Allah untuk tahun ini kita langsung ke tingkat Jawa Tengah pada bulan November,” ujarnya disela pertandingan di GOR Lapangan Indoor Wergu Wetan Kudus pada Kamis (7/3/2024).

RAMAI : POPDA Karate Kudus diikuti oleh ratusan pelajar

Lebih lanjut, pihaknya menyebut POPDA kali ini telah dipersiapkan mulai sejak dini guna mempersiapkan dan mencari bibit unggul sebagai perwakilan dari Kota Kretek.

“Dalam pertandingan kali ini dibagi per berat badan, jadi untuk yang SD itu meliputi kelas min 30, min 35 dan min 40. Untuk SMP juga sama dibagi berbagai macam kelas,” katanya.

Sementara itu, lanjut Hendro, ia menjelaskan untuk tingkat SMA nantinya terdapat langkah yang cukup berbeda, yakni bagi pemenang akan melanjutkan perjuangannya bertanding se Karesidenan Pati sebelum melangkah ke Provinsi.

“Jadi setelah ini mereka yang SMA tidak langsung masuk ke Jawa Tengah, kalau sudah lolos di POPDA akan bertanding terlebih dahulu di tingkat karesidenan, yakni karesidenan Pati,” paparnya.

Pihaknya menjelaskan potensi peserta kali ini sangat meningkat dibanding yang sebelumnya. Hal tersebut membuatnya yakin dapat menyabet gelarpada event mendatang.

“Dengan melihat potensi mereka kali ini, misalnya yang kemarin kita hanya bisa juara 3, juara 2, insya Allah nanti kita juga akan mendapat hasil yang maksimal ketika nanti di event-event selanjutnya,” sebutnya.

Ia berharap cabang olahraga karate terus meningkat seiring berjalannya tahun dan mendapatkan prestasi sesuai yang ditargetkan.

“Semoga kedepan lebih banyak diikuti sekolah-sekolah lagi, baik melalui sosialisasi, melalui prestasi yang telah diraih kakak tingkatnya yang membuat pelajar lainnya semakin termotivasi,” tandasnya.

Disisi lain, salah satu peserta, Hasbalah Muhammad Azam yang saat ini masih menduduki kelas 10 dari SMA N 1 Kudus mengaku sangat antusias mengikuti perlombaan karate tersebut.

“Tadi habis mengikuti di babak penyisihan, ini pengalaman pertama baru ikut karate, rasanya menegangkan, karna baru pertama kali, jadi ikut merasakan atmosfernya pertandingan karate,” jelas Hasbi, sapaan akrabnya.

Menurutnya, melalui olahraga karate ini, dirinya dia dapat meningkatkan mental, membuat tubuhnya menjadi lebih sehat dan mendapat banyak manfaat positif lainnya yang diperoleh.

“Seru, dapat pengalaman besar, bisa nambah mental, kalau gak mental pasti tadi sudah kebantai karena lawannya adalah unggulan, ini menjadi motivasi untuk terus berusaha menjadi lebih baik,” tukasnya. (J07/A01)

Komentar