Usai Digunakan Seleksi Tertulis,Di Saksikan Bawaslu Provinsi Soal-Soal Langsung Di Bakar

Politik117 Dilihat

JURNALPANTURA.COM,  Kudus – Minat masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam agenda Politik lima tahunan semakin menunjukan Signal positif.Ditandai dengan meningkatnya respon positif yang ingin terlibat secara aktif dalam proses pilkada, Selama ini untuk pendaftar yang ingin menjadi anggota Panwas am, kisaran di bawah 100.Tidak demikian dengan pilkada serentak 2018 nantinya, Ada sekitar 200 an pendaftar yang lolos dalam seleksi administrasi, tapi Hanya tersisa 178 yang mengikuti seleksi tertulis.Seleksi tertulis dilaksanakan di Hotel Abbas, Sabtu (16/09/2017).

Moh Wahibul Milan, Ketua Panwas kabupaten menjelaskan, ” Dari peserta awal yang lolos seleksi administrasi 178, saat ini tinggal 175 yang mengikuti seleksi tertulis, Ada 12 peserta yang absen dan sesuai ketentuan berarti kita diskualifikasi”. Dia menambahkan, setelah tahapan seleksi tertulis akan diambil enam pendaftar untuk melanjutkan ke tahap tes wawancara. Dari tahap wawancara akan kembali dikerucutkan lagi menjadi tiga orang yang dinyatakan lolos menjadi Panwascam pada tiap kecamatan.

Salah satu peserta seleksi pemula ang berasal dari kecamatan Gebog, Abdul Rozak mengatakan Kepada JURNALPANTURA.COM, keikutsertaan yang pertama mengikuti seleksi Panwascam tahun ini, Mengenai materi yang diujikan pada seleksi tertulis, jumlah soal ada 100 dengan bentuk pilihan ganda. Sebagian besar pada regulasi dan undang-undang penyelenggaraan pemilu  tentang kepengawasan, dan undang undang nomor 15 tahun 2011 dan undang-undang nomor 7 tahun 2013, serta atitude menjadi pengawas pemilu yang independen, berintegritas dan juga mengenai wawasan kebangsaan.

Komentar