Tak Miliki Anggaran Cukup, Eskalator Pasar Kliwon Yang Rusak Belum Diperbaiki

infrastruktur180 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Kudus – Sudah lebih dari dua pekan ini eskalator di Pasar Kliwon mengalami kerusakan.Praktis hal itu sedikit menganggu mobilitas  pengunjung pasar untuk menuju lantai atas.

Kepala Dinas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Sudiharti, mengatakan, pihaknya belum bisa memperbaiki eskalator Pasar Kliwon yang rusak.Sebab, anggaran untuk perawatan eskalator sudah habis.

“Selama ini untuk anggaran perawatan eskalator di Pasar Kliwon sebesar Rp. 30 juta, namun untuk tahun depan pihaknya sudah menganggarkan lebih,” kata Sudiharti saat ditemui di Sela-Sela Seminar Sehari Dalam Rangka HKN Di Pendopo Kabupaten Kudus, Rabu 15/11/2017.

Dikatakan Sudiharti, beban eskalator di Pasar Kliwon dengan yang ada di mall memang beda. Di Pasar Kliwon, naik turun barang yang berat dengan menggunakan eskalator menjadi beban. Sehingga beberapa kali eskalator ini menjadi rusak.

“Dari dua eskalator, posisi eskalator yang naik masih bisa digunakan. Namun untuk eskalator yang turun sudah tidak berfungsi lagi,” jelasnya.

Salah seorang pedagang, Suryo (43), menuturkan bahwa eskalator kedua jarang diaktifkan. Bahkan ketika salah satu eskalator rusak, pedagang hanya tahu kalau eskalator itu tidak diaktifkan.
“Karena eskalator tidak bisa difungsikan, kami pun terpaksa harus menggunakan tangga manual untuk sampai ke lantai atas,” ucapnya.(J10)

Komentar