Sebelum Panen Bersama, Dandim Ajak “Sarapan” Petani Di Sawah

Pertanian119 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Demak – Sebagai bentuk pembinaan teritorial dan meningkatkan ketahanan nasional di bidang pangan, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) Demak Letkol Inf Abi Kusnianto melaksanakan kunjungan kerja bersama Lumbung Banyu Bumi (LBB) ke Desa Ruwit serta Sarapan bareng para petani di Desa Ruwit Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Kamis, 05/07/18 kemarin pagi.

Dalam kunjungan kerja bersama Lumbung Banyu Bumi (LBB) ini, Dandim bertatap muka langsung dengan para petani binaan Koramil Wedung di Desa Ruwit.

Dalam sambutanya direktur LBB Satriyo mengatakan “masalah itu bukanlah kegagalan, justru makin banyak masalah yang di hadapi, makin bertambah pengetahun dan keterampilan petani, asal mau belajar dan saling tukar pikiran sesama petani, supaya terjadi peningkatan hasil panen,” terangnya.

Menurutnya Ketua Kelompok Tani harus menjadi motor penggerak untuk memberi semangat para petani lainnya dan memotivasi anggotanya agar tidak putus asa ataupun merasa kecil hati apabila mendapati kendala dan kesulitan dalam penanganan serta pengelolaan tanaman padi yang sedang di budi dayakan, pungkas Satriyo.

Dalam kesempatan itu, Dandim Demak Letkol Inf Abi Kusnianto juga berkesempatan memberikan motivasi kepada para petani “menghadapi segala kemungkinan buruk yang tentunya pasti akan terjadi,bila terjadi musim kemarau, saya sarankan kelompok tani lebih aktif lagi untuk kerja sama antar anggota, apalagi bila curah hujan menipis, ketua Kelompok Tani harus lebih aktif memantau saluran irigasi, mencermati situasi yang ada dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi anggotanya”, kata Dandim Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto memotivasi para petani yang hadir.

Di akhir arahannya Abi Kusnianto mengajak masyarakat petani untuk lebih giat lagi dan turut serta aktif dalam mendukung pemerintah demi mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Demak lebih khususnya di Desa Ruwit. “Sehingga kedepan ketersediaan beras di Desa Ruwit dapat tercukupi dan tidak perlu mengharapkan bantuan dari pemerintah lagi,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Desa Ruwit Supriyanto mengatakan, kunjungan kerja Dandim bersama Direktur LBB ini sangat bermakna dalam kehidupan masyarakat, karena kunjungan ini adalah upaya TNI untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan silaturahmi antara TNI, pemerintah, pengusaha dan masyarakat, dimana dalam akhir-akhir ini persatuan dan kesatuan mendapat cobaan dimana-mana.

Kunjungan Dandim Demak bersama rombongan tersebut mendapat apresiasi positif dari salah satu Ketua Kelompok Tani, Wardi, menurutnya dengan adanya perhatian dari para pejabat tinggi di daerah tersebut semakin memotivasi dan memberikan semangat kepada para petani untuk mengelola lahan sawah yang mereka garap.

Turut dalam acara tatap muka, Danramil Wedung Kapten Inf Triyono,Kepala Desa Ruwit Supriyanto,anggota LBB serta para petani Desa Ruwit, Usai tatap muka Dandim melaksanakan panen padi secara simbolis.(J02 /A01)

Komentar