Sebagai Bentuk Rasa Syukur Masyarakat Desa Piji Selenggarakan Kirab 1000 Jajan

Uncategorized261 Dilihat

JURNALPANTURA.COM, Kudus – Seperti pada tahun-tahun yang lalu, Masyarakat Desa Piji  Kec Dawe Kudus, Mempunyai tradisi setiap Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Syeh Amir Ibrahim Al Iraqi dengan menyelenggarakan kirab 1000 jajan dengan mengarak tiga gunungan besar, Jumat 01/12/2017.

Kirab yang diikuti siswa- siswi sekolah madrasah Desa Piji dan warga tersebut di laksanakan sebagai bentuk rasa Syukur masyarakat kepada Allah SWT dan mengharap kebersihan dari kirab 1000 jajan tersebut.

 Kirab sendiri dimulai dari Baledesa Piji dan finish Masjid Al Wustho KH.Shiddiq Desa Piji. Seperti diketahui, kirab 1000 jajan sudah menjadi agenda tahunan ini memang menjadi magnet bagi masyarakat, tidak hanya warga Desa Piji akan tetapi juga dari penduduk sekitar.

Usai acara, gunungan besar tersebut diletakan di halaman depan masjid kemudian memanjatkan doa bersama kemudian ditutup dengan memperebutan isi gunungan oleh masyarakat.

Kapolsek Dawe AKP Suharyanto SH, menyambut baik pelaksanaan kegiatan melestarikan budaya ini dengan menerjunkan anggota untuk pengawalan dan pengamanan dilokasi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan serta terciptanya kondusifitas selama kegiatan berlangsung.(J02)

Komentar