Satu-satunya Koperasi Online Di Jateng Gelar RAT Pertama kalinya

Ekonomi228 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Semarang – Untuk pertama kalinya Koperasi Online dibawah Naungan Federasi Pekerja Mandiri mengadakan Rapat Anggota Tahunan untuk pertama kalinya yang dilaksanakan di Gedung Marhaen, Semarang.

Ketua koperasi FPM Jateng Sejahtera  Anang Wibowo menjelaskan, Koperasi Online Jateng Sejahtera, merupakan satu – satunya di Jateng yang terbentuk satu tahun lalu.

Menurut Mey Sulistyoningsih, ketua umum FPM DPD Jateng, “Koperasi FPM Sejahtera Bersama harusnya mendapat penghargaan dari MURI sebagai koperasi pertama online di Jawa Tengah  memiliki angggota lebih dari 217 dalam waktu setahun secara online dan bisa melakukan RAT secara kompak” terang Mey.

“RAT yang dilaksanakan ini terbukti efektif dan efisien serta semakin banyak anggota yang terlibat dalam menyampaikan berbagai masukan dan usulan-usulan. Ke depan, kami akan terus meningkatkan pelayanan terhadap anggota, khususnya dalam pelayanan administrasi dalam bentuk eletronik ” kata Anang  di Semarang, Sabtu 07/04/2018.

Anang menjelaskan bahwa dari total anggota sebanyak 217 orang per Desember lalu, sebanyak 117 anggota atau sekitar 50,% mengikuti RAT tahun buku 2017, dengan mayoritas anggota setuju dengan pertanggungjawaban pengurus mencapai 100%, sedangkan untuk program kerja di tahun 2018 juga mendapatkan persetujuan dari anggota yang hadir dalam RAT.

Ditambahkan Koperasi FPM Jateng Sejahtera mempunyai beberapa kegiatan usaha antara lain : 1. Perdagangan yang dilakukan melalui posko pelayanan dan melalui FPM mart. 2. Pelayanan simpan pinjam, 3. Pembiayaan pembelian barang, 4. Pembiayaan usaha. Adapun omzet koperasi jateng sejahtera per 31 Desember 2018 sebesar Rp. 96.842.239.50,- dan sisa hasil usaha tahun 2017 sebesar Rp. 7.818.239.50,-
Melalui kegiatan RAT I ini diharapkan bisa diperoleh masukan – masukan positif dari seluruh anggota, sehingga kedepan koperasi FPM Jateng Sejahtera dapat menjadi lebih maju dan berkembang lagi.

Sementara itu, Bendahara koperasi Susi Dewi S.Kom, S.Pd,  memaparkan pihaknya akan menggunakan teknologi internet untuk menyempurnakan dan meningkatkan  kinerja koperasi.

Dengan memanfaatkan internet secara maksimal akan memiliki fitur-fitur, antara lain pendaftaran koperasi online, pengecekan saldo tabungan dan simpanan, transfer antar tabungan, pengecekan outstanding penagihan, pembelian/pembayaran pulsa listrik, Telkom, tiket, hingga pembayaran BPJS Kesehatan dll.

“Intinya, kita ingin memberikan pelayanan prima lewat sistem online kita, layaknya branchless banking,” pungkasnya.

Dalam usianya yg masih tergolong baru, Koperasi FPM mampu mengembangkan unit usaha secara berjamaah yakni kegiatan usaha ternak ayam broiler dengan modal 1,8 milyar, modal tersebut digalang dengan cara membuka sertifikat saham kepada seluruh anggota koperasi, dengan nilai saham per lembar Rp. 500.000.

Selain usaha ternak ayam, koperasi juga telah membuka unit usaha berjamaah yakni resto FPM dengan modal 120 juta dengan membuka saham per lembar Rp.500,000. Adapun omzet koperasi per 31/03/2018 sebesar Rp. 96.842.239.50,- dan sisa hasil usaha tahun 2017 sebesar Rp. 7.818.239.50,-
Melalui kegiatan RAT I ini diharapkan bisa diperoleh masukan – masukan positif dari seluruh anggota, sehingga kedepan koperasi FPM JATENG SEJAHTERA dapat menjadi lebih maju dan berkembang lebih pesat. (Mad/J02)

Komentar