oleh

Rolling Komisi DPRD Kudus Rampung

Jurnalpantura.id, Kudus – Sebagai perubahan susunan keanggotaan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus usai melakukan rolling atau pergantian pimpinan komisi-komisi di DPRD Kudus.

Rapat komisi digelar usai rapat paripurna laporan pertanggungjawaban Bupati Kudus tahun anggaran 2021 di gedung DPRD Kudus, Kamis 07/04/2022 sore.

Ketua DPRD Kudus Masan mengatakan, rolling pimpinan dan kelengkapan DPRD merupakan amanat dari tata tertib.

Dimana masa keanggotaan dan alat kelengkapan dewan maksimal 2,5 tahun.

Selanjutnya Masan membacakan nama-nama pimpinan tiap komisi. Baik itu komisi A, komisi B, komisi C, dan komisi D.

“Seluruh anggota DPRD segera melakukan penyesuaian tugas dan kewajiban, apalagi dengan pembahasan LKPJ anggaran 2021,” katanya.

Dari hasil rapat, didapatkan ketua pada masing-masing komisi, yakni Komisi A dengan 9 anggota yang sebelumnya dijabat Nurhudi, dirolling kepada Rinduwan dari Fraksi PDI Perjuangan, Wakil Ketua Ruston Harahap dari Fraksi PKS dan Sekretaris Ali Mukhlisin dari Fraksi Golkar.

Sementara Komisi B yang beranggotakan 12 orang wakil rakyat menyepakati Ketua Anis Hidayat dari Fraksi Partai Golkar menggantikan Ali Mukhlisin, sedangkan Wakil Ketua Noor Hadi dari Fraksi PKB dan Sekretaris Masud dari Fraksi Partai Nasdem.

Untuk Komisi C dengan 12 orang anggota, dari Rinduwan Fraksi PDIP, dirolling ke Rochim Sutopo fraksi Partai Amanat Nasional, Hanura, dan Demokrat (ANHD), Wakil Ketua Aris Suliyono dari Fraksi PDIP dan Sekretaris Superiyanto dari Fraksi Partai Nasdem.

Sedangkan komisi D dengan 10 anggota, kini diketuai oleh Ali Ihsan menggantikan Ilwani dari fraksi PKB, untuk wakil ketua Umi Bariroh Fraksi PKS, dan sekretaris Ngateman dari Fraksi PDIP.

Rolling komisi ini, menurut Masan merupakan hal biasa. Sesuai dengan tata tertib DPRD Kudus yang mengatur tentang periode komisi selama 2,5 tahun.

“Harapannya kepada anggota dewan yang terpilih dapat menjalankan tupoksinya masing-masing dengan baik,” tandasnya. (J02/A01)

Komentar