Prosesi Larungan Kepala Kerbau Sebagai Rasa Syukur Masyarakat Jepara

Wisata217 Dilihat

Jurnalpantura.Com, Jepara – Arak-Arakan Prosesi Larungan Kepala Kerbau Lomban Tahun 2018 yang di laksanakan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) kelurahan Ujungbatu menuju Rumah Pemotongan Hewan kelurahan Jobokuto di ikuti oleh sekitar 2.000 warga Kabupaten Jepara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Jepara KH. Ahmad Marzuki SE, Dandim Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat ST, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho S I K, Ketua Pengadilan Agama Drs H Imam safii SH MH, Wakil bupati Jepara H Dian Kristiandi S Sos, Sekda Jepara Ir. Sholih. MM, OPD Jepara, Muspika kota Jepara, Kadin Pariwisata serta Lurah Petinggi sekecamatan Jepara kota.

Pertunjukan  Seni tari Warak Dungdeng dari saka pariwisata Jepara menjadi pembuka rangkaian acara yang  di lanjutkan dengan Pemberangkatan arak-arakan ke RPH (Rumah Pemotongan Hewan) desa Jobokuto yang berjarak sekitar 1km dari TPI desa Ujung batu, yang di lanjutkan dengan Prosesi pemotongan Kerbau.

Dalam sambutannya ketua panitia menyampaikan, “Puji syukur kita bisa berkumpul dan melaksanakan kegiatan Arak-Arakan Kerbau, Prosesi Larungan Kepala Kerbau Lomban Tahun 2018 di TPI Ujungbatu menuju Rumah Pemotongan Hewan Joyokusumo.”

Kegiatan ini sudah yang ke-3 kalinya kita melaksanakan, semoga kegiatan ini bisa menjadikan daya tarik bagi wisata lokal maupun internasional, Setelah kegiatan arak arakan hari ini di lanjutkan lagi kegiatan malamnya nonton wayang semalam suntuk dan dilanjukan pada pagi harinya melaksanakan larungan kepala kerbau di tengah laut Jepara, Semoga kegiatan ini mendapat berkah dari Allah SWT dan di jauhkan marabahaya, sehingga acara ini menjadi sukses, acara ini dilakukan untuk memberikan varian destinasi wisata di kabupaten Jepara, bahwa kegiatan setelah arak2 kerbau ini nanti sore diadakan ziarah ke makam Cik Lanang dan makam Mbah Ronggo, dan selanjutnya nanti malam acara pagelaran wayang kulit, tambahnya.

Sementara itu Bupati Jepara menyampaikan, ” kami dari Forkopimda mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1439 H mohon maaf lahir batin kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dan khususnya masyarakat Jepara, Pada prosesi kegiatan Arak-Arakan Kerbau, Prosesi Larungan Kepala Kerbau Lomban Tahun 2018 di TPI Ujungbatu,merupakan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Kami berharap kegiatan ini bisa menjadikan daya tarik tersendiri untuk bisa menarik wisata lokal maupun mancanegara.”

Semoga selama kegiatan pada hari ini sampai besok diberikan kelancaran oleh Allah SWT sehingga dijauhkan bala dan bencana bagi kita semua, tutupnya. (J02/A01)

Komentar