oleh

Produk Makanan Olahan Anggota JBO Dinyatakan Bebas Formalin Oleh BP POM Jateng

Jurnalpantura.Com, Kudus – Demi menjaga kualitas produk dan jaminan keamanan mutu pengolahan ikan,  dinas kelautan dan perikanan provinsi Jawa Tengah, melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Kudus, menggelar pelatihan dan pembinaan penerapan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan  bagi unit Pengolahan Ikan (UPI).‎ Acara tersebut digelar, Kamis 28/06/2018 di aula kantor Bidang  perikanan kabupaten Kudus.

Kepala dinas kelautan dan perikanan provinsi jawa tengah yang di wakili oleh Ir Santoso, MS.i dalam sambutan pembukaan acara diklat tersebut
menyampaikan, meski jarang menemui kendala namun pihaknya ingin agar Unit Pengolahan Ikan (UPI) tetap menjaga kualitas dan keamanan produknya.

Saat ini, jumlah UPI di kabupaten Kudus yang tergabung dalam  Asossiasi Pengolahan Ikan dan Pemasar Ikan (APPI) mencapai 35 anggota ‎dan produk mereka sudah mencapai kawasan Jawa tengah, Jawa Barat, Jakarta, Surabaya, Bali dan malaysia.

Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan pangan yang di wakili oleh Kepala Bidang perikanan Fajar S.P  dalam pemaparanya menyampaikan

“‎Kami ingin kompetensi Quality Control di perusahaan pengolahan ikan meningkat demi kepentingan perusahaan ikan itu sendiri, terutama agar produk perikanan mereka terjamin mutu, keamanan dan  bisa diterima di kota tujuan,” jelas Fajar. mengenai alasan digelarnya acara ini.

Nantinya, peserta kegiatan ini akan menerima bimbingan dan pembinaan lanjutan, kami berharap kedepan para anggota yang tergabung dalam APPI Assosiasi Pengolahan dan Pemasaran Ikan  kabupaten Kudus akan mendapatkan SMP.

“Materi pelatihan sendiri meliputi Good Manufacturing Practice (GMP), Standard Sanitation Operating Procedure (SSOP) dan HACCP, serta peningkatan kualitas kesehatan UPI  melalui cek BP POM Prov Jateng dilanjutkan observasi lapangan ke kampung Bandeng di desa wisata Loram kulon” sambung Fajar.

Menurut keteranngan M Iqbal, “Beberapa produk dari anggota APPI adalah bandeng presto, otak otak bandeng, bandeng asap, krupuk kulit ikan, teri kering, kripik cumi, rengginang ikan, fish bone, abon ikan, ikan asap dan beberapa reseller’ ungkap ketua APPI Kudus, BM Iqbal.

Selain itu, dalam kesempatan acara diklat hadir dan  diramaiakn juga oleh anggota komunitas JBO Jual Beli Online dengan membawa  beberapa  sample produk olahan khas dari bahan baku ikan, seperti Siomey ikan goreng produksi Deby, orak arik pedo produksi Yayuk, juga ceker ayam kombinasi tepung ikan produksi Nok dan bakso ikan oleh maryam, semua dilakukan cek/test oleh BP POM dan dinyatakan bebas formalin. (md/A02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed